Poetoe

123 Kode Bank Di Indonesia Dan Seberapa Pentingkah Peran Perbankan Dalam Kehidupan Kita


Poetoechikals.comHalo para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, terima kasih banyak atas kesediaan Anda meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs kami, di mana situs yang seharusnya memberikan informasi tentang sebuah kegiatan dari perkembangan produk–produk hasil dari pada karya kreativitas kerajinan tangan industri rumahan dari para generasi penerus pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening.


Baiklah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, di kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang sebuah ulasan yang menurut pandangan saya pribadi, ulasan tersebut akan dapat memberikan informasi atau pengetahuan yang baru untuk kita, terhadap peran penting dunia perbankan bagi kehidupan warga masyarakat kita dalam melakukan atau menjalankan berbagai usaha dan upayanya, berharap agar dapat memberikan manfaat kepada para pembaca sekalian yang memang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Poetoechikals.com - Sejujurnya para pembaca sekalian, kita juga harus mengakui bahwa pada kenyataannya kita dan sebagian besar warga masyarakat di Indonesia itu memang membutuhkan informasi tersebut dalam menjalani suatu usaha atau pun upaya-upaya yang sekiranya sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, dan hal tersebut  seperti yang telah kita ketahui dan jalani sekarang ini, bahwa di jaman modern yang serba canggih ini, mestinya kita bisa mensyukurinya, yang mana pada kenyataannya kita dan sebagian besar warga masyarakat telah di berikan kemudahan-kemudahan dalam melakukan segala kebutuhan yang berhubungan dengan dunia perbankan dan juga Internet.

Dan memang sebagian besar warga masyarakat kita juga, telah banyak menggunakan serta memanfaatkan atas semua kecanggihan yang telah di berikan tersebut, tiada lain yaitu adalah untuk memenuhi semua dari segala kebutuhan-kebutuhan yang ada di dalam kehidupan kita sehari-harinya, baik itu untuk menjalankan semua aktivitas serta kegiatan dari usaha dan upayanya atau pun untuk kepentingan-kepentingan pribadi yang lainnya...


Poetoechikals.com - Dan kini sudah seharusnya juga kita mengakui, bahwa pada akhirnya kita ini telah hidup di jaman yang serba canggih dan serba praktis seperti sekarang ini, seperti halnya dari kecanggihan tersebut juga dapat membantu kita dan para warga masyarakat dalam melakukan banyak berbagai kebutuhan dalam kehidupan dan usaha-usaha yang kita dan mereka jalani, seperti halnya telah banyak pula yang kita dan juga mereka lakukan  dalam menjalani usaha dan upayanya seperti salah satu contohnya adalah menjalankan usahanya dalam berjual-belikan sesuatu yang dapat mereka di pasarkan secara online.

Poetoechikals.com - Dan dengan demikian di samping usaha-usaha online yang di lakukan oleh para warga masyarakat kita, tentunya mereka juga memikirkan dan membutuhkan atas bagaimana mereka melakukan segala macam transaksinya melalui online atau jasa internet, yang dari mulai proses pembayaran  atas pembelian atau penjualan yang telah mereka lakukan secara online tersebut. Nah di situlah warga masyarakat kita itu pun akan membutuhkan sesuatu alat khusus seperti alat penyedia yang di butuhkan atau dan bisa di gunakannya untuk melakukan transaksi dari setiap pembayaran atas apa yang telah mereka perjual-belikan secara online, dan dari beberapa alat tersebutlah yang akan saya bahas dalam kesempatan kali ini, seperti salah satunya adalah Rekening Bank yang memiliki macamnya seperti ATM atau Debit Card dan Credit Card yang telah di sediakan oleh perbankan.



Apa itu Rekening Bank Dan ATM
Poetoechikals.com - Baiklah Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, Rekening Bank adalah semacam atau sejenis akun pribadi yang di berikan oleh pihak perbankan sebagai alat identitas diri kepada para pengguna atau nasabahnya untuk dapat di gunakan sebagai mana mestinya, dan kegunaan dari pada Rekening Bank itu sendiri adalah sebagai alat bukti atas setiap transaksi yang telah di lakukan oleh pihak nasabah atau penggunanya baik itu dari bukti atas penyimpanan ataupun pengambilan secara tunai dan non tunai.

Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, biasanya selain Nomor dan Buku yang telah di sediakan, pihak perbankan juga menyediakan atau memberikan sebuah kartu yang di sebut dengan kartu ATM. dan kartu Atm tersebut adalah merupakan sebuah alat yang dapat di gunakan oleh para penggunanya agar menjadi lebih mudah dan praktis lagi. Dan kartu ATM tersebut adalah sebagai pelengkap yang memang di berikan oleh pihak perbankan dengan tujuan untuk mempermudah kita dalam bertransaksi di mana pun berada, dan memang pada kenyataannya dengan kartu Atm tersebut kita akan dapat dengan mudah dan praktis dalam melakukan segala macam transaksi, baik itu di saat kita melakukan pembayaran atas pembelian atau penjualan secara online, atau pun mengirimkan uang untuk keperluan keluarga yang jauh dari kita, dan kartu ATM tersebut juga hanya dapat dilakukan atau di gunakan dengan melalui mesin ATM yang memang telah di sediakan oleh pihak perbankan,

Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman Di mana pun Anda berada saat ini, bagi Anda yang mungkin masih awam dan belum mengerti banyak tentang apa itu Rekening Bank dan Kartu ATM, atau mungkin memang masih bingung dan bertanya-tanya akankah ada atau apakah ada perbedaan di antara Kartu ATM dengan Rekening Bank, yang memang sebenarnya keduanya sama-sama memiliki manfaat yang dapat di gunakan oleh kita untuk melakukan segala bentuk transaksi yang kita lakukan baik itu untuk melakukan pengambilan atau penyimpanan atau pembayaran dan lain sebagainya,
Di sini saya akan sedikit memberikan penjelasan mengenai apa perbedaan di antara rekening bank dan kartu ATM...
Di sini yang perlu kita ketahui dan yang memang perlu saya jelaskan kepada para pembaca sekalian yang memang masih awam terhadap apa itu ATM dan  bagaimana caranya mendapatkan Rekening Bank beserta Kartu ATM nya.


Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, pertama-tama memang sebelum kita dapat memiliki yang namanya kartu Atm, kita memang di wajibkan terlebih dahulu untuk memiliki yang namanya Rekening Bank. Kenapa?!!...

Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya di atas, bahwa Rekening Bank tersebut adalah merupakan suatu akun nasabah yang telah di berikan oleh pihak perbankan sebagai identitas diri dari penggunanya atau nasabahnya, dan Rekening Bank tersebut di gunakan oleh para pengguna dan nasabahnya sebagai alat untuk mencatat segala bentuk transaksi yang telah dilakukan oleh pengguna atau nasabahnya, baik itu dalam bentuk penyimpangan atau pengambilan serta dari setiap transaksi yang akan dan telah di lakukan oleh pengguna dan nasabahnya, dan cara yang di lakukan dalam bentuk transaksi dari pada Rekening Bank itu sendiri di lakukan dengan cara datang ke lokasi bank dan di situ kita juga akan selalu dilayani oleh pihak petugas perbankkan yang biasa di sebut teller.

Sedangkan Kartu ATM adalah : ATM (Automatic Teller Machine atau Automated Teller Machine) atau dalam artian bahasa Indonesia Kartu ATM adalah sebuah alat elektronik digital yang mengizinkan nasabah bank untuk mengambil dan mengecek Rekening Bank mereka tanpa perlu dilayani oleh  pihak petugas perbankkan atau teller, dan hal tersebut dapat di lakukan melalui mesin ATM yang telah di sediakan oleh pihak perbankan.

Bagaimana kita Mendapatkan Rekening Bank dan ATM
Poetoechikals.com - Baiklah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, memang tidak sedikit bahwasanya semua warga masyarakat di negara kita ini pada kenyataannya memanglah sangat membutuhkan hal tersebut.
Kenapa?!!... Agar dapat mempermudah dalam melakukan berbagai transaksi yang di lakukan untuk memenuhi segala bentuk kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam setiap usaha dan upaya yang sedang di jalankannya... apalagi jika warga masyarakat tersebut memiliki kegiatan atau aktivitas usaha yang berjalan secara online...

Ada pun kegunaan atau kelebihan dari pada akun rekening bank tersebut adalah agar dapat membantu pengguna atau nasabahnya dalam melakukan segala hal yang di butuhkan, baik untuk masalah pengambilan atau penyimpanan sebagian hartanya di bank tersebut, dan bagaimana caranya agar pengguna atau nasabah mendapatkan rekening Bank dan ATM tersebut ?!!...
Calon pengguna atau calon nasabah hanya di wajibkan dan di haruskan untuk datang mengunjungi lokasi Bank yang di inginkan, dan bersedia untuk mendaftarkan dirinya membuat rekening bank dan dengan bersedia menyetujui syarat dan ketentuan yang di berikan oleh pihak perbankan, dan selama proses pendaftaran tersebut calon-calon nasabah pun akan dilayani oleh seorang petugas dari pihak perbankan yaitu seorang Teller Bank.


Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, Rekening Bank atau pun ATM  Keduanya memang masih memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melakukan kemudahan dalam bertransaksi,  baik itu menyimpan atau pun mengambil, dan keduanya juga sama-sama sebuah alat akun yang dapat di gunakan dalam setiap transaksi yang telah di lakukan oleh nasabah atau penggunanya. 
Baik Rekening Bank atau pun ATM peran kedua alat tersebut sangat di butuhkan dalam kehidupan kita saat ini. Dan memang hal tersebut itu sudah menjadi salah satu alat kebutuhan bagi warga masyarakat kita. karena dengan alat tersebut kita dapat mempermudah dalam setiap akan melakukan segala bentuk kebutuhan.

Apalagi, di era digital seperti sekarang ini, banyak orang memilih hal-hal yang serba praktis, mudah dan cepat seperti saat membeli barang-barang kebutuhan yanh di lakukan secara online atau juga menjalankan usahanya secara online.
Kita juga mungkin sudah tau jika di jaman sekarang ini, Mengapa kebanyakan warga masyarakat kita lebih memilih membeli atau memenuhi kebutuhan hidupnya dengan cara online ?!!... Mungkin karena hal tersebut lebih mudah dan praktis, mungkin karena membeli barang-barang kebutuhan di internet seperti melalui sebuah website atau sosial media itu sangatlah praktis mudah dan tidak merepotkan, yah karena kita hanya tinggal memilih barang yang kita suka hanya dengan melihat dari daftar foto atau gambar produk yang ditampilkan pada situs belanja online, kemudian kita dapat menghubungi kontak yang tertera untuk pemesanan.
Lalu jika sudah fix dengan apa yang dipesan, Anda bisa langsung mentransfer uang ke rekening penjual, baru setelah itu barang dikirim. Semudah itulah berbelanja saat ini. Hal tersebut berlaku juga bagi penjual online. Penjual yang memilih memasarkan produknya secara online, lebih mudah pula mendapatkan pelanggan karena jaringan yang lebih luas dan tentu saja mudah dalam hal transaksi uang.


Maka baik pembeli maupun penjual tidak bisa dipungkiri membutuhkan rekening bank untuk transfer, setor, bahkan tarik tunai. Dan seperti yang telah kita ketahui juga bahwa di Indonesia, ada banyak bank menyediakan rekening bagi orang yang ingin menggunakannya, sebut saja beberapa bank yang seringkali digunakan oleh orang Indonesia, antara lain BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI.


Namun selain bank-bank yang telah disebutkan tadi, masih banyak lagi bank-bank yang ada di Indonesia ini. Maka dari itu, masing-masing bank mempunyai kode bank untuk mempermudah kita melakukan transaksi hanya dengan melalui mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri), SMS Banking, ataupun Internet Banking. Kode bank nantinya digunakan untuk mengidentifikasi transaksi yang dilakukan pada masing masing bank.

Transaksi yang dilakukan sekarang tak cukup hanya transaksi sesama bank, namun juga dilakukan antar bank yang berbeda. Misalnya saja, Anda adalah nasabah Bank BCA, tetapi Anda ingin melakukan transfer ke rekening Bank BNI. Nah, kode transfer antar bank akan mempermudah kita untuk melakukan transfer melalui mesin ATM, SMS Banking ataupun Internet Banking tanpa harus melakukan transfer secara tunai di bank yang hendak kita transfer, seperti mengisi form dengan banyak data yang bagi sebagian orang tidaklah efisien dan rumit.


Lalu bagaimana caranya menggunakan kode bank tersebut? Anda hanya perlu mengetikkan kode bank yang ingin Anda tuju atau ingin Anda transfer sebelum Anda mengetikkan nomor rekening banknya. Setelah itu, Anda hanya mengetikkan jumlah uang yang ingin Anda transfer lalu uang Anda saat itu juga langsung terkirim. Mudah bukan?


Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, seperti yang telah kita ketahui bahwa Kode transfer antar bank, biasanya berupa tiga digit angka, dan tiap bank masing-masing memiliki kode bank yang berbeda-beda. Maka dari itu sebaiknya, sebelum Anda melakukan transaksi ke rekening bank lain, Anda terlebih dahulu harus mengetahui kode bank tujuan Anda tersebut. Jika Anda salah memasukkan kode bank tersebut, maka transaksi yang Anda lakukan tidak akan berjalan lancar atau mengalami kegagalan dalam melakukan transaksi.

Memang di mesin ATM maupun di Internet Banking sudah tersedia kode bank. Namun jika Anda harus memilih kode bank dari sekian banyak bank yang terdapat dalam menu atm tersebut, maka akan memakan waktu banyak dan tak lagi efisien. Berikut update kode bank per Maret 2019 yang bisa Anda masukkan sesuai rekening tujuan Anda dalam melakukan transaksi, dan di bawah ini adalah Daftar kode transfer Bank Di Indonesia, semoga kode-kode Bank tersebut akan dapat bermanfaat untuk para pembaca yang membutuhkan.


Daftar Kode Transfer Bank di Indonesia
--------------------------------------------------------------
Bank Negara, Daerah, Swasta, Syariah dan Lainnya

Berikut adalah 123 Kode Bank yang ada di Indonesia :
1. Bank BCA 014
2. Bank Mandiri 008
3. Bank BNI 009
4. Bank BNI Syariah 427
5. Bank BRI 002
6. Bank Syariah Mandiri 451
7. Bank CIMB Niaga 022
8. Bank CIMB Niaga Syariah 022
9. Bank Muamalat 147
10. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) 213
11. JENIUS 213
12. Bank BRI Syariah 422
13. Bank Tabungan Negara (BTN) 200
14. Permata Bank 013
15. Bank Danamon 011
16. Bank BII Maybank 016
17. Bank Mega 426
18. Bank Sinarmas 153
19. Bank Commonwealth 950
20. Bank OCBC NISP 028
21. Bank Bukopin 441
22. Bank BCA Syariah 536
23. Bank Lippo 026
24. Citibank 031
25. Indosat Dompetku 789
26. Telkomsel Tcash 911
27. Bank Jabar 110
28. Bank DKI 111
29. BPD DIY 112
30. Bank Jateng 113
31. Bank Jatim 114
32. BPD Jambi 115
33. BPD Aceh 116
34. Bank Sumut 117
35. Bank Nagari 118
36. Bank Riau 119
37. Bank Sumsel 120
38. Bank Lampung 121
39. BPD Kalsel 122
40. BPD Kalimantan Barat 123
41. BPD Kaltim 124
42 BPD Kalteng 125
43. BPD Sulsel 126
44. BPD Sulut 127
45. BPD NTB 128
46. BPD Bali 129
47. Bank NTT 130
48. Bank Maluku 131
49. BPD Papua 132
50. Bank Bengkulu 133
51. BPD Sulawesi Tengah 134
52. Bank Sultra 135
53. Bank Ekspor Indonesia 003
54. Bank Panin 019
55. Bank Arta Niaga Kencana 020
56. Bank Buana IND 023
57. American Express Bank LTD 030
58. Citibank N.A 031
59 JP. Morgan Chase Bank, N.A 032
60. Bank of America, N.A 033
61. ING Indonesia Bank 034
62. Bank Multicor 036
63. Bank Artha Graha 037
64. Bank Credit Agricole Indosuez 039
65. The Bangkok Bank Comp. LTD 040
66. The Hongkon & Shanghai B.C. (Bank HSBC) 041
67. The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ LTD 042
6.8 Bank Sumitomo Mitsui Indonesia 045
69. Bank DBS Indonesia 046
70. Bank Resona Indonesia 047
71. Bank Mizuho Indonesia 048
72. Standard Chartered Bank 050
73. Bank ABN Amro 052
74. Bank Keppel Tatlee Buana 053
75. Bank Capital Indonesia 054
76. Bank BNP Paribas Indonesia 057
77. Bank UOB Indonesia 023
78. Korea Exchange Bank Danamon 059
79. Rabobank Internasional Indonesia 060
80. ANZ Panin Bank 061
81. Deutsche Bank AG. 067
82. Bank Woori Indonesia 068
83. Bank OF China Limited 069
84. Bank Bumi Arta 076
85. Bank Ekonomi 087
86. Bank Antardaerah 088
87. Bank Haga 089
88. Bank IFI 093
89. Bank Century 095
90. Bank Mayapada 097
91. Bank Nusantara Parahyangan 145
92. Bank Swadesi 146
93. Bank Mestika 151
94. Bank Metro Express 152
95. Bank Maspion 157
96. Bank Hagakita 159
97. Bank Ganesha 161
98. Bank Windu Kentjana 162
99. Halim Indonesia Bank 164
100. Bank Harmoni International 166
101. Bank QNB Kesawan 167
102. Bank Himpunan Saudara 1906 212
103. Bank Swaguna 405
104. Bank Jasa Jakarta 427
105. Bank Bisnis Internasional 459
106. Bank Sri Partha 466
107. Bank Jasa Jakarta 472
108. Bank Bintang Manunggal 484
109. Bank MNC / Bank Bumiputera 485
110. Bank Yudha Bhakti 490
111. Bank Agro Niaga 494
112. Bank Indomonex 498
113. Bank Royal Indonesia 501
114. Bank Alfindo 503
115. Bank Syariah Mega 506
116. Bank Ina Perdana 513
117. Bank Harfa 517
118. Prima Master Bank 520
119. Bank Peryarikatan Indonesia 521
120. Bank Akita 525
121. Liman International Bank 526
122. Anglomas Internasional Bank 531
123. Bank Dipo International 523

Nah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, Kesimpulannya adalah: Bahwa memang pada kenyataannya peran penting daripada pentingnya perbankan dalam kehidupan kita di era digital ini, sangatlah di butuhkan oleh seluruh warga masyarakat kita, agar semua usaha dan upaya yang telah dilakukan oleh warga masyarakat kita dapat dengan mudah untuk di jalankan. baiklah para pembaca yang Budiman sekiranya cukup sekian dulu ulasan yang dapat saya sampaikan kepada para pembaca sekalian, kurang lebihnya saya mohon maaf bila ada salah kata maupun kalimat dalam penulisannya, dan semoga juga kode-kode Bank tersebut pun dapat bermanfaat untuk Anda gunakan sebagaimana mestinya, karena jika memang kita akan melakukan transaksi baik itu membayar atau mentransfer sejumlah uang dari dan ke bank lain selain Bank yang sama yang kita miliki, maka memang kode bank tersebut sangatlah si butuhkan oleh kita untuk melakukan transaksi tersebut. Dan semoga apa yang dapat saya sampaikan di kesempatan kali ini, akan dapat memberikan manfaat bagi para pembaca semuanya, Amien... Wasalam Wr. Wb.

Saran Dan Kritik Tetap Penting Untuk perbaikan Kedepannya.


Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia 
By : poetoechikals.com

Saron

Gamelan

Mini

Saron