Poetoe

Hikmah dari pada pandemi wabah penyakit #dirumahaja




Poetoechikals.comPara pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, seperti yang telah kita ketahui serta saksikan dan memang dampaknya pun kini telah kita rasakan bersama, bahwa saat ini kita sebagai warga  masyarakat di negara ini sedang mengalami dampak dari suatu wabah penyakit menular yang sedang melanda dan menyerang negara kita, dan mungkin kejadian tersebut kelak juga akan menjadi catatan sejarah bagi dunia, para pembaca yang Budiman di mana saja Anda berada, di sini saya akan mengulas tentang dampak yang dirasakan oleh warga masyarakat kita, apalagi warga masyarakat kecil dari pandemi wabah penyakit tersebut.

Namun sebelum itu, saya ingin kembali mengingatkan terlebih dahulu, agar kita sebagai warga negara yang baik tentunya dapat berpartisipasi dengan apa pun yang telah di terapkan oleh pemerintah terhadap kebijakan yang telah di tetapkan, agar bersama-sama dapat ikut berperan untuk memerangi wabah penyakit menular tersebut, ya tentunya demi kebaikan kita beserta keluarga khususnya dan umumnya sebagai warga masyarakat yang tinggal di negara ini.

Poetoechikals.com - Baiklah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, sedikit saya akan mengulas tentang dampak dari baik buruknya wabah tersebut terhadap kita sebagai warga masyarakat kecil yang memang sedang mengalami masalah tersebut, dan pembahasan saya kali ini yang memang tentang dampak dari pada  wabah tersebut semata-mata hanya ingin mengajak agar para pembaca sekalian untuk selalu sadar dalam menghadapi segala situasi atau kondisi yang memang semuanya itu tidak mudah di lakukan oleh kita sendiri.

Baiklah kita mulai saja ulasannya...
Seperti yang telah banyak dan sering di beritakan dan di jelaskan oleh para situs senior, dan juga para awak media se-Indonesia, bahwa awal dari kejadian adanya wabah penyakit menular tersebut, yang menyerang warga negara kita, tepatnya mulai awal bulan Maret di tahun 2020, dan memang kalau soal kabar wabah tersebut telah menyerang negara-negara tetangga sudah sejak awal tahun ini (Tahun 2020).

Nah para pembaca yang Budiman sebagai, dengan adanya wabah penyakit tersebut yang memang membuat seluruh pemerintah di setiap negara-negara menganjurkan kepada warga masyarakatnya untuk dapat mengurangi segala aktivitasnya di luar rumah, dan memang semuanya itu bertujuan agar dapat memutuskan dari pada rantai penyebaran atas penularan wabah penyakit tersebut, agar supaya tidak bertambahnya lagi korban akibat dari pada penularan wabah penyakit tersebut.

Nah melihat kebijakan tersebut apa pendapat Anda?!!...
Dan apakah anda mendukung kebijakan tersebut serta sudah ikut di dalamnya untuk berpartisipasi memerangi dengan bersama-sama melawan wabah penyakit menular tersebut?!!...

Lanjutkan...

Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman, yah memang tujuan dari pada pemerintah menerapkan aturan PSBB dan berharap warga masyarakat juga dapat mematuhi aturan tersebut, yaitu demi putusnya rantai penularan penyebaran dari pada wabah penyakit itu sendiri, agar tidak bertambahnya banyak korban akibat wabah tersebut.

Akan tetapi seperti yang masih banyak kita saksikan dan dengar dari para penyedia informasi senior, dan juga para awak media, bahwa sampai saat ini masih banyak memang  dan hampir dari sebagian besar warga masyarakat  yang masih membandel dan tidak menghiraukan aturan kebijakan yang telah di terapkan oleh pemerintah tersebut. Sehingga masih banyaknya aktivitas di luar rumah yang di langgar atau masih di lakukan oleh sebagian warga masyarakat kita.

Namun dari pada itu sebagian warga masyarakat yang melanggar atau yang membandel tersebut pun memberikan berbagai alasan, dan alasan yang mereka berikan memang masih masuk akal.

Dengan berbagai alasan yang memang menurut saya pribadi juga alasan mereka memang tetap masih masuk akal !!!... yang memang alasan mereka tersebut hanyalah ingin tetap  bisa bertahan dalam kondisi pandemi ini.


Para pembaca yang budiman, begitupun dampak dari pada akibat wabah penyakit tersebut pada kenyataannya memang sangat berpengaruh sekali terhadap kehidupan  ekonomi, apalagi perekonomian warga masyarakat kecil yang ada negara kita ini, yang memang bagi warga-warga masyarakat kecil ini masih membutuhkan ruang untuk mencari nafkah tersebut agar tetap bisa bertahan di situasi seperti ini. Namun semua apalah daya bagi kita dan mereka sebagai warga masyarakat kecil, di samping selain untuk dapat mematuhi aturan yang sudah di berlakukan kami juga kan harus tetap bisa bertahan dalam pandemi ini.

Nah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, di kesempatan kali ini saya atas nama poetoechikals.com akan sedikit membahas tentang baik dan buruknya dampak akibat pandemi wabah penyakit menular tersebut dari dua sisi sudut pandang yang berbeda dan memang sedang terjadi dan di alami oleh kita sebagai warga masyarakat yang ada di negara ini.


Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, seperti yang kita ketahui dari media penyedia informasi seperti televisi atau juga awak media senior lainnya, yang mana telah kita dapati sedikitnya informasi tersebut, dan juga yang telah dapat kita saksikan pula dalam sehari-harinya kabar-kabar tersebut, di mana dari banyaknya para senior media mengabarkan bahwa angka dari pada kematian akibat wabah penyakit menular tersebut ternyata masih terus bertambah.

Dan sebagai warga masyarakat Indonesia, seharusnya kabar tersebut dapat membuat kita ikut prihatin akan keadaan yang memang benar-benar bisa mendorong kita mau berpartisipasi untuk bersama-sama ikut memerangi dengan bersatu dalam melawan wabah penyakit menular tersebut.


Dan selain itu para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, kita juga bisa memulai semuanya itu dari diri kita sendiri. Dengan benar-benar menerapkan kebijakan pemerintah tersebut.

Dan agar dapat mencegah tidak terjadinya perselisihan pendapat yang terjadi di antara sesama yang memang sebenernya perselisihan tersebut akhirnya jelas akan dapat merugikan diri sendiri, alangkah baiknya memang kita itu membenahi diri kita sendiri dulu...
Dengan mencerna terlebih dahulu pendapat-pendapat yang mereka sampaikan, dan berhati-hati pulalah kita dalam mengeluarkan pendapat, juga berbijaklah dalam mengeluarkan pendapat atau pun komentar, 

Karena dalam situasi seperti ini, kebanyakan dari kita memang terkadang tidak dapat berpikir secara jernih, dan itu memang dampak negatif yang di dapat dalam kondisi seperti ini sekarang ini, kenapa?!!

Mungkin karena kita terlalu fokus hanya tertuju pada satu titik masalah dan terlalu banyak beban yang di pikirkan.

Di sini kalau memang kita benar-benar dapat menyadarinya, bahwa pada kenyataannya dari setiap kejadian tersebut, terdapat dua sisi dampak yang memang akan terjadi di dalam kehidupan warga masyarakat kita, dan dua sisi dampak tersebut tiada lain adalah dampak positif dan juga dampak negatif.

Dan kedua dampak atas kejadian dari pada pandemi ini,  ya memang sama-sama telah di rasakan oleh setiap warga masyarakat di negara kita. Kita lihat salah satu contoh kecil dari dampak positif akibat wabah tersebut adalah :


Nah bukankah hal tersebut sebagian dari pada dampak positif dan juga hikmah dari pada pandemi dalam memerangi wabah penyakit menular tersebut.b dan hal tersebut telah membawa kita ikut berpartisipasi dalam memerangi wabah tersebut, lantas dari apa lagi, agar kita bisa di katakan telah ikut berpartisipasi dalam memerangi perang melawan wabah penyakit menular tersebut ?!!...

Dari yang tadinya malas membersihkan diri, kini mulai bisa rutin untuk selalu membersihkan diri, itulah yang kita anggap sederhana, akan tetapi begitu sangat penting bagi hidup kita. Apa itu ?!!

Melakukan segala sesuatu hal yang kita lihat sederhana namun itu sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, yaitu dengan sesering mungkin membersihkan diri dari setiap setelah melakukan segala aktivitas. Baik itu dari mulai mencuci tangan, sampai membersihkan diri dengan mandi, Seperti kalimat di bawah ini.

Mencegah itu lebih baik dari pada mengobati !!!...


Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, di tengah pandemi wabah penyakit menular seperti sekarang ini, sebetulnya jika kita pun dapat melihat dari segi positif tanpa melihat atau memikirkan masalah dari pada segi negatifnya, mungkin kita sebagai warga masyarakat kecil akan dapat mematuhi serta menjalankannya kebijakan pemerintah yang telah di tetapkan tersebut, akan tetapi sebagai warga masyarakat yang kecil, perekonomian pun menjadi tombak utama agar warga masyarakat kecil pun dapat bertahan di dalam pandemi wabah ini. Yah para pembaca yang Budiman, memang pada kenyataannya, perekonomianlah yang memang terkadang menghambat kita semua tidak bisa berpikir jernih hingga yang terjadi hanyalah sebuah perselisihan yang tanpa di sadari bahwa dampaknya akan merugikan kedua belah pihak, dan jika itu terjadi bukankah malah memperkeruh keadaan, para pembaca?!!...

Memang selain kebijakan yang telah di keluarkan oleh pemerintah dalam memerangi masalah wabah tersebut, setidaknya kita juga harus benar-benar memikirkan kembali untuk menyampaikan aspirasi atau pendapat agar tidak terjadinya kesalah-pahaman oleh para penerima aspirasi dan pendapat kita, agar supaya terhindar dari perselisihan yang timbul dan dapat memicu terjadinya bentrok sehingga dapat merugikan kedua belah pihak. Maka dari itu berkomentarlah secara bijak, dan pada tempat yang benar.

tidak ada salahnya jika kita memang ikut memerangi wabah tersebut, Karena itu juga sangat di anjurkan oleh pemerintah, yah walaupun dengan memulainya dari dirinya kita sendiri, seperti yang telah tadi saya jelaskan di atas dengan memulainya dari hal-hal yang sederhana, seperti mengutamakan untuk tetap menjaga kebersihan tubuh kita, dan selalu menjaga kebersihan di lingkungan sekitar kita, itu pun sudah sangat membantu kita, sodara-sodara dan pemerintah memerangi dan melawan wabah tersebut.

Berusaha dan tetap berupaya agar tetap bisa bertahan di dalam situasi pandemi wabah penyakit menular ini,  dan sebetulnya cara-cara mengatasi atau mencegah terjadinya kita terserang wabah tersebut tidaklah sesulit seperti apa yang kita takutkan.

seperti salah satu contoh, kita tetap harus bisa menjaga kesehatan kita sendiri, bagaimana caranya, mulailah dari hal yang paling kita anggap sepele, seperti mencuci tangan, membersihkan badan, serta membuat lingkungan yang ada di sekitar kita agar tetap terjaga kebersihannya.

Insya Allah dengan semua kebersihan yang telah kita jaga, kita akan dapat terbebas dari wabah tersebut, nah setelah itu setelah memang kita benar-benar sehat, tentunya kita juga dapat memakai pikiran jernih kita ini untuk berpikir bagaimana mengatasi dampak dari pada wabah tersebut, sehingga walaupun kita harus berbuat sesuatu akan tetapi tidak akan merugikan orang lain, atau membuat perselisihan yang akan mengakibatkan perpecahan...

Setidaknya jika kita memang sangat menyadari, bahwa kita adalah satu warga negara, berarti kita semua ini adalah satu keluarga, dan di dalam keluarga seharusnya kita juga bisa untuk saling mendukung demi kesejahteraan bersama di dalam keluarga.

Tapi semuanya pastinya kembali kepada dirinya kita lagi, bagaimana kita menyikapi semuanya ini.

Yang benar-benar memang perlu kita sadari, bahwa pada kenyataannya dampak dari wabah tersebut memang di rasakan oleh semua warga penduduk yang ada di negara ini, dan cuma bukan seorang diri, tapi memang semuanya masyarakat di negara ini merasakannya.

Termasuk rakyat kecil seperti kita, yang memang kebingungan dalam mengatasi masalah perekonomian, bagaimana agar tetap bisa bertahan di situasi pandemi ini, perekonomian pun memang harus bisa stabil, apalagi di saat sekarang ini, yang hampir mendekati hari raya Idhul Fitri, bagi masyarakat kecil jelas memang akan merasakan kebingungan.

Poetochikals.com - Mungkin benar adanya seperti yang  banyak di sampaikan oleh para Ulama, bahwa seluruh warga masyarakat yang ada di negara ini, memang sedang di uji oleh sang maha penciptanya, dan tentunya kembali lagi bahwa hikmah dari pada wabah penyakit tersebut, setidaknya akan menyadarkan kita sebagai umat manusia, agar kita kembali menguatkan keimanan kita terhadap Tuhan sang maha pencipta, yang mana telah menciptakan kita sebagai manusia ke dunia ini, agar kita bisa saling menyadari, bahwa pada kenyataannya kita semua sama di mata sang maha pencipta, karena itu dalam situasi seperti sekarang ini sangat di anjurkan sekali untuk bisa saling berbagi dan saling menjaga serta saling menghargai terhadap sesama.

Dan sebaik-baiknya kita, mungkin akan jauh lebih baik lagi, jika kita memperbaiki semua keadaan ini mulai dari diri kita sendiri. Baiklah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, di sini dengan artikel yang telah saya rangkai ini, saya atas nama poetoechikals.com, tidak sedikit pun berniat ingin mengajari atau pun menggurui, tujuan utama di buatnya artikel ini semata-mata hanya untuk mengajak bersama-sama untuk memerangi melawan wabah penyakit tersebut dengan melakukan segala aktivitasnya di rumah saja, agar rantai penyebaran wabah penyakit tersebut cepat terselesaikan dan secepatnya kembali normal seperti semula.

Dan saya pribadi atas nama poetoechikals.com meminta maaf yang sebesar-besarnya, bila mana dalam rangkaian kata serta kalimat dalam artikel ini, ada salah dalam penempatannya atau penggunaannya.
Terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Salam Budaya Indonesia.

Saron

Gamelan

Mini

Saron