Poetoe

Gamelan Cirebon Yang Bernada Doremi dan sejarahnya


poetoechikals.com - Halo para pembaca yang budiman di manapun Anda berada saat ini, terima kasih atas kesediaan Anda meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs ini, di mana situs yang menyediakan tentang seputar informasi dari kegiatan serta perkembangan produk–produk hasil karya kreativitas kerajinan tangan industri rumahan dari para generasi penerus pengrajin Gamelan Mini (saron) yang ada di kota Cirebon.

Dan seperti yang telah kita ketahui para pembaca sekalian, bahwa kota Cirebon merupakan salah satu wilayah yang banyak memiliki beragam hasil karya kreativitas kerajinan tangan yang di hasilkan oleh para pengrajinnya, Dan kota Cirebon memang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang kaya akan hasil karya kreativitas yang telah banyak terlahir dari tangan-tangan kreatif para pengrajin industri rumahan, baik itu mulai dari para pengrajin Batik yang memang hasil serta kualitas karyanya sudah sangat terkenal kemana-mana, dan sampai kepada hasil-hasil karya dari tangan-tangan para pengrajin yang lainnya juga, seperti para pengrajin mainan-mainannya juga telah banyak di lahirkan oleh tangan-tangan kreatif para pengrajin di kota tersebut... Dan kalau memang saya sebutkan satu-persatu mungkin takkan cukup waktunya untuk menyebutkan semua hasil-hasil karyanya tersebut, Karena itu saya akan langsung saja ke pada pokok utama yang akan saya bahas dalam ulasan di kesempatan kali ini.


Gamelan Mini (saron) Kening 8 Bilah Nada DOREMI 

Produk by. poetoechikals.com


Poetoechikals.com - Para pembaca sekalian, selain hasil karya-karya yang telah banyak di lahirkan oleh para pengrajin, seperti pengrajin Batik, pengrajin Rotan dan juga pengrajin topeng, dan lain sebagainya, ada juga salah satu hasil karya kreativitas yang telah di hasilkan  juga dari salah satu pengrajin industri rumahan yang berasal dari kota Cirebon tersebut, tepatnya di daerah kecamatan, Beber / Desa. Kondangsari / Dusun Pon yaitu sebuah mainan yang awalnya di buat untuk anak-anak, dan mainan tersebut tiada lain adalah sebuah alat musik tradisional yang memiliki alunan not nada DOREMI. Dan mainan anak-anak tersebut itu adalah Kening atau dalam bahasa umumnya adalah Gamelan Mini (saron)...

Kening atau Gamelan Mini (saron) yang telah di lahirkan oleh tangan-tangan kreatif para pengrajin tersebut  yang dengan di lengkapi Laras Nada DOREMI, sehingga dengan Nada tersebut juga menjadikannya sebagai ciri khas bahwa mainan alat musik tradisional khas Cirebon itu Bernada DOREMI, dan dengan ciri khas tersebut itulah yang nantinya semua para pencinta seni akan dapat mengenali asal serta usulnya.
Ada pun bahan-bahan yang di gunakan oleh para pengrajin mainan alat musik tradisional tersebut, para pengrajin hanya memanfaatkan bahan-bahan dari limbah-limbah yang memang sudah tidak terpakai, seperti Bilah Nada yang di buat dari limbah drim bekas serta kayu Ranca yang terbuat dari sebitan kayu Alba yang memang sepantasnya menjadi kayu bakar...

Namun dari semua limbah-limbah bekas tersebut para pengrajin Kening merubahnya menjadi suatu karya dengan menghasilkan sebuah mainan alat musik yang memiliki Laras Nada, sehingga mainan alat musik tersebut dapat di mainkan oleh anak-anak untuk menyanyikan lagu-lagu kesukaannya, yah mainan tersebut adalah Kening atau Gamelan Mini (saron) yang memiliki Laras Nada DOREMI yang menjadikan mainan tersebut ciri khas mainan Cirebon.

"Gamelan Mini (saron) khas Cirebon yang Bernada DOREMI"

Para pembaca sekalian, perlu Anda ketahui bahwa walaupun hanya sebuah mainan anak-anak, Kening atau Gamelan Mini (saron) tersebut memang memiliki keunggulan yaitu adanya not atau Nada yang telah di laraskan oleh ahlinya agar mainan tersebut dapat gunakan dan mainkan untuk menyanyikan lagu-lagu baik itu lagu-lagu nasional, seperti ibu kita Kartini, gundul-gundul pacul, lihat kebunku, dan juga lagu-lagu yang lainnya...
Sehingga anda juga akan dapat dengan mudah mengajarkan cara-cara memainkan lagu-lagu tersebut kepada anak-anak melalui mainan tersebut. Mainan Alat Musik Tradisional.


Poetoechikals.comPara pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, memang dari sejak mainan tersebut di produksi oleh para sesepuh pengrajin Kening atau Gamelan Mini (saron) yang sebelumnya memang memproduksi mainan tersebut dengan bernadakan stelan Nada Jawa seperti PELOG dan SALENDRO.

Namun karena seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman yang semakin modern dan canggih ini, sehingga membuat kami para pengrajin memikirkan hal tersebut agar produksi mainan anak-anak Kening atau Gamelan Mini (saron) tetap bisa di terima di seluruh masyarakat di pelosok Indonesia, maka salah satu idea pun akhirnya keluar dari salah satu  tokoh pengrajin kami agar dapat merubah Nada pada mainan tersebut menjadi Laras Nada internasional yaitu Laras Nada DOREMI yang akhirnya Nada tersebut kini menjadi Nada patokan utama untuk mainan anak-anak ini, Alat Musik Tradisional Khas Cirebon Gamelan Mini (saron) Bernada DOREMI.

Dan di samping itu memang sebagian besar masyarakat di dusun kami ini selain menjadikan hasil karya kreativitas tersebut sebagai sumber dari pada mata pencaharian dalam memenuhi segala kebutuhan hidup, kami juga sebagai pengrajin ingin tetap bisa terus melestarikan mainan Kening atau Gamelan Mini (saron) tersebut, sehingga mainan kening tersebut pun terus di produksi dengan mengutamakan serta menjaga kualitas dari pada mainan tersebut, karena hal tersebut merupakan keharusan bagi kami sebagai pengrajin untuk dapat tetap bisa mempertahankan pemasaran produk-produk kami dalam ketatnya persaingan di era modern yang serba canggih.


Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, memang dari laras Nada DOREMI itulah keunggulan dari pada mainan anak-anak tersebut yang sudah merupakan ciri khasnya, sebuah mainan yang di buat untuk anak-anak yang berupa sebuah alat musik tradisional namun memiliki Nada internasional yaitu DOREMI yang menjadikan mainan tersebut ciri khas.

Para pembaca yang Budiman, ada kelebihan sudah pasti akan ada kekurangan, karena itu kami pun harus mengakui kekurangan dari  pada mainan yang telah kami produksi tersebut, yang memang selain memiliki keunggulan mainan tersebut juga memiliki kekurangan, dan kekurangan yang di miliki mainan tersebut yaitu masih memiliki ketajaman dari Bilah Nada seperti bekas potongan yang ada pada Bilah Nada dan juga kepala paku yang terpasang pada Bilah Nada tersebut, sehingga jika memang tidak berhati-hati dalam memainkannya terkadang bisa juga menggores yang akhirnya dapat menyebabkankan luka.

Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, mainan anak-anak Kening atau Gamelan Mini (saron) khas Cirebon ini sudah di produksi turun temurun oleh para pengrajin industri rumahan yang ada di kota Cirebon, dan dengan bernadakan DOREMI sebagai ciri khas dari Nada Utama mainan tersebut, Para pengrajin Kening atau Gamelan Mini saron tersebut akan tetap terus berusaha untuk tetap melestarikan warisan tersebut dengan memberikan hasil kualitas yang utama agar mainan anak-anak tersebut tidak tenggelam termakan perkembangan jaman.


Para pembaca di mana pun Anda berada saat ini, seiring dengan perkembangan jaman yang semakin canggih dan persaingan pun semakin ketat saja, sehingga dari generasi ke generasi memang pada akhirnya pun para pengrajin Kening atau Gamelan Mini (saron) dapat menghasilkan karya-karya terbaru yang bisa di bilang karya tersebut sempurna untuk bisa bersanding dalam persaingan di era perkembangan jaman saat ini, dan alhasil dengan tumbuhnya generasi-generasi penerus dari pengrajin mainan alat musik tradisional tersebut, kini para generasi ketiga (poetoe) cucu dari pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening, telah menghasilkan karya terbarunya, dan karya tersebut yaitu :

" New Gamelan Mini (saron) Stainless Chrome"


Hasil dari pada karya tersebut di desain semaksimal mungkin untuk memberikan kenyamanan serta kepuasan kepada para pecinta seni alat musik tradisional, dengan ciri khasnya tetap pada nada utama yaitu Nada DOREMI, agar semua alunan lagu-lagu yang di inginkan bisa di mainkan dengan Alat musik tradisional tersebut. dan di samping itu para generasi penerus tersebut pun memberikan banyak berbagai pilihan baik itu mulai dari ukuran atau pun model yang terdiri mulai dari ukuran biasa, ukuran standar, ukuran Jumbo sampai pada ukuran Extra Super JUMBO, insya Allah kami di sini sebagai generasi penerus akan siap memberikan kualitas yang utama, dan dari semua ukuran atau pun model serta Laras Nada  yang siap untuk di pesan oleh siapa pun yang mempunyai minat.

Dan untuk kelebihan serta keunggulan yang di lahirkan oleh generasi penerus ketiga pengrajin Gamelan Mini (saron) tersebut dengan produk terbarunya yang telah mereka lahirkan, bahwa di dalam alat musik tradisional New Gamelan Mini (saron) Stainless Chrome ini adalah :

1. Bebas dari ketajaman, sehingga Anda tidak perlu kuatir jika memang Anda ingin memberikan alat musik tradisional tersebut kepada putra dan putri Anda, karena insya Allah mainan tersebut sangat aman untuk di mainkan oleh putra dan putri Anda.

2. Tetap Dengan Nada Utama DOREMI, namun kami tetap memberikan pilihan Nada Kepada para Peminat, Seperti pilihan Laras Nadanya seperti berikut :
A. DOREMI 
B. PELOG 
C. SALENDRO 
D. DOREMI & Setengah Nada

3. Menjaminkan Ketahanan Stainless Chrome selama 5 tahun.
4. Dengan Stainless Chrome, selain bebas dari ketajaman, Stainless Chrome juga membuat penampilan Kening atau Gamelan Mini (saron) menjadi semakin sempurna apalagi jika Anda ingin menambahkan Alat Musik Tradisional tersebut ke dalam koleksi pajangan si ruangan Rumah Anda.

Dan berikut adalah produk-produk New Gamelan Mini (saron) Stainless Chrome yang telah di hasilkan oleh para Generasi penerus ketiga (poetoe) cucu pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening.

New Gamelan Mini (saron) Standar 15 Bilah Nada DOREMI 

New Gamelan Mini (saron) JUMBO 8 Bilah Nada DOREMI 

New Gamelan Mini (saron) JUMBO 15 Bilah Nada PELOG 

New Gamelan Mini (saron) JUMBO Double Tune 22 Bilah + 15 Bilah Nada

New Gamelan Mini (saron) JUMBO 16 Bilah Nada Plat Kuningan & 22 Bilah Nada DOREMI 

Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, ada pun dari beberapa gambar tersebut adalah hasil karya kreativitas dari para Generasi ke-3 (poetoe) dan masih banyak lagi produk yang lain yang telah di hasilkan oleh para Generasi penerus ketiga dari pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening, baik itu yang telah di lakukan untuk memenuhi pemesanan-pemesanan yang telah di pesan oleh para pemesan dari para pecinta seni alat musik tradisional tersebut.

Dan ada pun perubahan-perubahan yang telah di lakukan  atau di lahirkan oleh para generasi ketiga tersebut memang di buat atau di kerjakan dengan semaksimal mungkin, agar hasil dari pada karya-karyanya dapat memberikan kepuasan kepada para pecinta seni alat musik tradisional, karena memang pada kenyataannya kenyamanan dan juga kepuasan  dari para peminat itu adalah merupakan suatu keberhasilan bagi kami sebagai pengrajin, namun para generasi penerus ketiga untuk saat ini belum berani untuk menstok Gamelan/saRon Stainless Chrome tersebut, di karenakan memang untuk menstok Gamelan/Saron Stainless Chrome tersebut membutuhkan biaya yang cukup lumayan perunitnya. Jadi untuk saat ini kami hanya bisa mengerjakan pesanan yang kami terima dari para peminat dan pemesanan saja.
Jadi bagi para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, jika di antara Anda yang berminat untuk memesan Gamelan Mini (saron) Stainless Chrome tersebut dapat langsung menghubungi kontak kami yang ada di kolom kontak.

******
Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, ada pun sejarahnya dari pada awal dimana para pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening tersebut di produksi oleh para sesepuh pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening tersebut, bahwa memang menurut dari pada cerita yang di sampaikan oleh sesepuh dari pada pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening, bahwa Kening atau Gamelan Mini (saron) tersebut, memang alat musik tradisional tersebut sudah turun-temurun di produksi sejak tahun 1980'an, dan di saat itu memang semua bahan baku yang di gunakan oleh para sesepuh kami untuk membuat Kening tersebut adalah tiada lain dari bahan rongsokan seperti bekas kabin mobil atau pintu-pintu mobil sebagai bahan untuk Bilah Nada, sedangkan untuk Ranca kayu menggunakan papan peti bekas, seperti papan peti bekas buah-buahan dan juga peti-peti bekas tempat penyimpanan uang.

Dan dari semua bahan-bahan limbah tersebut, mereka mengolahnya dengan kreativitas yang di miliki sehingga menjadikannya sebuah karya, dan hasil karya tersebut itu adalah sebuah mainan untuk anak-anak yaitu sebuah alat musik tradisional, dan ada pun mengenai Laras Nada pada mainan tersebut pada saat itu adalah PELOG dan SALENDRO. Dan memang pada saat itu juga karena hasil karyanya tersebut dapat di terima oleh seluruh warga masyarakat di Indonesia, produk tersebut pun juga akhirnya mereka produksi sebanyak-banyaknya.

Sehingga akhirnya sebagian besar warga masyarakat di dusun tersebut menjadikan produksi tersebut sebagai sumber mata pencaharian untuk memenuhi segala kebutuhan dalam kehidupannya. Yang pada akhirnya warga masyarakat di dusun tersebut terus dan terus memproduksi mainan anak-anak tersebut. Dan tepatnya sekitar tahun 2009, produk mainan Alat Musik Tradisional Gamelan Mini (saron) atau Kening pernah juga mengalami kejayaan hampir ke seluruh pelosok di Indonesia dalam pemasarannya.

Dan seiring berjalannya waktu, dari generasi ke generasi mainan tersebut pun masih tatap di produksi oleh para Generasi dan juga keturunannya, dan dari tiap generasi ke generasi pun selalu membawa perubahan-perubahan terhadap mainan alat musik tradisional tersebut. Alhasil karya kreativitas tersebut yang kini telah di lahirkan oleh sesepuh dan telah di jalankan sampai kepada generasi keturunannya saat ini, yang memang menjadikan kami sebagai pengrajin ingin tetap bertahan dan menjaga agar tetap bisa melestarikan warisan tersebut.


Baiklah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, kiranya sekian ulasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, kurang lebihnya saya pribadi atas nama poetoechikals.com meminta maaf, jikalau ada salah kata dalam penyampaiannya, mohon di maklum ya para pembaca, Dan insya Allah di lain kesempatan saya akan kembali dengan ulas-ulasan berikutnya.

W/salam Wr. Wb.


Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia
By. PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional Khas Cirebon serta Mengembangkan Bakat Dan Hobi Berkreativitas di dalam Dunia Seni Alat Musik Tradisional.

Saron

Gamelan

Mini

Saron