Poetoe

Meraih Serta Menjaga Dan Mempertahankan Kepercayaan

poetoechikals.com - Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada saat ini, terima kasih banyak atas kesediaan anda meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs ini, di mana situs yang seharusnya memberikan ulasan informasi tentang sebuah kegiatan serta perkembangan dari pada produk-produk hasil karya kreativitas kerajinan tangan industri rumahan yang telah di produksi turun temurun oleh para pengrajin dan para generasi penerus dari pengrajin gamelan mini saron (Kening). 



Namun dalam kesempatan kali ini, poetoechikals.com akan berbagi sebuah ulasan dari sebuah cerita yang pembahasannya di ambil dari sebuah kisah kehidupan sehari-hari yang terjadi di sekitar lingkungan kita, dan berharap semoga ulasan tersebut juga akan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian khususnya saya pribadi.

Baiklah para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, untuk memulai ulasan yang akan saya bahas di kesempatan kali ini saya atas nama poetoechikals.com telah memilih beberapa kata yang telah di rangkai menjadi sebuah kalimat, dan kalimat tersebut itu pun juga sudah pasti tentunya sering kali kita dengar dan kita jumpai di dalam kehidupan sehari-hari yang kita jalani di lingkungan sekitar kita ini, dan berikut adalah salah satu kalimat yang akan saya bahas atau ulas pada kesempatan kali ini.




Meraih dan Menjaga Kepercayaan Seseorang 

Apa itu kepercayaan ?!!...
Para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada saat ini, kata Kepercayaan tersebut tentunya sudah sangat sering kita jumpai di dalam lingkungan dan di dalam kegiatan sehari-hari kita dalam kehidupan ini, baik itu dalam pelajaran yang pernah kita dapatkan sewaktu masih duduk di bangku sekolah atau di dalam acara-acara siraman rohani yang sering kali juga di sampaikan oleh para Ulama atau para ahli agama.

Dan seperti yang telah di jelaskan oleh beliau bahwa dalam penyampaiannya tersebut kepada kita, yang mana dalam pembelajaran tersebut bahwa kepercayaan itu adalah suatu keyakinan  yang tulus tumbuh dari dalam diri hati kita untuk mengakui akan ada-Nya atau keberadaan-Nya.

Dan memang pada kenyataannya kita sebagai umat manusia yang telah di lahirkan ke dunia, pastinya telah memiliki kepercayaan dan juga Keyakinan yang seharusnya, untuk mengakui dan meyakini akan ada-Nya sang Maha Pencipta, dan hal tersebut itu pun tentunya kita dapatkan dari pembelajaran di saat dulu kita masih duduk di bangku pendidikan saat kita sedang menuntut ilmu, baik di sekolah atau pun di pesantren, tentunya dari setiap pembelajaran yang telah kita dapatkan sangat jelas apa lagi di dalam pembelajaran atau pelajaran-pelajaran agama tersebut yang sudah pasti telah menjelaskan tentang apa itu kepercayaan, sehingga dalam penyampaiannya pun membuat kita semua menyadari akan pentingnya memiliki kepercayaan serta keyakinan tersebut terhadap akan ada-Nya sang Maha Pencipta, yang mana memang telah menciptakan kita manusia sebagai salah satu makhluk yang telah di ciptakan oleh Nya.

Baiklah para pembaca yang budiman di mana saja Anda berada, sebelumnya saya juga terlebih dulu meminta maaf, karena di dalam kesempatan kali ini pembahasan tentang Kepercayaan yang akan saya ulas ini, bukanlah soal tentang kepercayaan kita sebagai manusia terhadap agama atau terhadap sang pencipta-Nya.

Melainkan pembahasan tersebut akan saya ambil dari kisah kehidupan sehari-hari yang ada di lingkungan sekitar kita, di karenakan memang saya pribadi atas nama poetoechikals.com sendiri bukanlah seseorang yang ahli dalam bidang pendidikan agama🙏...

Namun dalam pembahasan kali ini yang akan saya ulas yaitu tentang kepercayaan yang di ambil dari kisah-kisah yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, baik itu dari semua aktivitas dan juga kegiatan-kegiatan yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari, nah para pembaca yang Budiman, perlu kita ketahui dan sadari bahwa sesulit apa pun kita untuk meraih suatu kepercayaan dari seseorang, akan jauh lebih sulit lagi bagi kita  untuk dapat menjaga serta mempertahankan atas kepercayaan yang telah di berikan oleh seseorang tersebut kepada kita, dan itulah memang fakta dan kenyataannya.
*****

Bagaimana Cara Meraih Kepercayaan


Nah para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, bagaimanakah caranya agar kita dapat meraih kepercayaan seseorang, apalagi seseorang itu adalah atasan kita sendiri (bos). Tentunya semua itu perlu perjuangan dan pengorbanan serta usaha yang semestinya memang harus dilakukan oleh kita sebagai bawahannya, begitu pun seperti yang dulu pernah saya alami saat saya masih bekerja di sebuah perusahaan distributor di ibukota Jakarta, dan di sini sedikit saya akan berbagi cerita di mana saat dulu saya masih bekerja di salah satu  perusahaan di ibu kota Jakarta, yang pada saat itu saya juga pernah merasakan yang namanya di berikan Kepercayaan oleh atasan saya (bos). Dan memang pada saat itu, saya juga benar-benar merasakan bagaimana rasanya menempuh perjuangan-perjuangan dan juga pengorbanan yang telah saya lakukan untuk terus berusaha agar dapat meraih kepercayaan dari seorang atasan saya tersebut, dan Alhamdulillah tentunya tiada lain dengan hasil kerja keras yang penuh dengan perjuangan dan pengorbanan hingga membuahkan prestasi kinerja yang baik sehingga semua kepercayaan tersebut dapat saya raih...

Namun dari semua yang telah saya lakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal agar dapat meraihnya, perjuangan serta pengorbanan atas usaha kerja keras yang telah di lakukan, ternyata itu semua belum seberapa di bandingkan di saat saya harus menjaga dan mempertahankan kepercayaan yang telah di dapatkan atau di berikan.

Karena setelah itu di saat semua kepercayaan itu telah saya raih dan dapatkan, tantangan dan juga godaan pun silih berganti datang menghampiri dan berusaha terus-menerus untuk mencoba menghancurkan semua kepercayaan yang telah di berikan, namun saya tetap berusaha dengan berbagai cara agar tetap bisa menjaga dan mempertahankan kepercayaan yang telah di berikan tersebut, jujur saya akui memang, di saat seperti itu yang memang harus kita butuhkan adalah keimanan yang kuat yang harus ada dalam diri kita, agar kita tetap bisa menjaga dan mempertahankan semua kepercayaan yang telah di berikan, para pembaca yang Budiman, saya akui memang dari yang pernah saya alami bahwa menjaga atau mempertahankan itu jauh lebih sulit daripada saat saya berusaha untuk meraihnya...

Dan perlu kita ketahui juga para pembaca yang Budiman, bahwa sesungguhnya suatu kepercayaan yang telah di berikan oleh seseorang kepada kita, itu sebenarnya adalah merupakan suatu amanah yang wajib kita jaga sebaik mungkin, dan untuk bisa menjaga dan mempertahankan semuanya itu, kita juga sebagai umat yang memiliki kepercayaan terhadap Tuhannya, harus memiliki keimanan yang kuat yang ada pada diri kita.

*****
Lanjutkan...
Nah sedangkan untuk saat ini para pembaca yang Budiman, dari yang telah saya jalankan dalam kehidupan sekarang, yang saat ini saya juga pernah memberikan Kepercayaan kepada orang-orang di sekitar saya, baik itu terhadap teman, kerabat dan juga partner dalam bekerja, dan ternyata baik buruknya orang di sekitar kita yang telah kita berikan kepercayaan terkadang malah kebanyakan balik memanfaatkan kepercayaan yang telah kita berikan terhadapnya, dan memang itulah yang terjadi saat ini yang saya alami dalam kehidupan ini.

Sehingga para pembaca yang budiman, di sini dari semua kejadian ini  saya pun mendapatkan kesimpulan, dari semua yang saya ambil dari dua sudut pandang yang berbeda, dan memang telah saya alami dalam menjalani kehidupan ini, atas apa yang saya dapatkan dari kedua pengalaman tersebut, ternyata memang ada perbedaan di antaranya sehingga kalimat singkat di bawah ini pun terlahir :

 "Memberikan Kepercayaan Sangat Beresiko Di Bandingkan Di Berikan kepercayaan" 

Dan pertanyaannya sekarang untuk para pembaca sekalian adalah :

Seberapa pentingkah kepercayaan seseorang yang telah di berikan untuk kita ?!!...

Silahkan bila anda ingin menjawab pertanyaan tersebut, saya tunggu jawaban anda di kolom komentar...



Nah para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, sedikit saya beralih topik...

Bahwa saya juga masih mengingat betul apa yang pernah di sampaikan oleh sahabat saya saat beliau memberikan nasehatnya kepada saya saat itu, beliau berkata kepada saya :

Janganlah kamu menjadi orang sombong di saat posisi kamu sedang berada di atas"

kenapa ?!!... Dan Beliau pun melanjutkan ucapannya, sebaik-baiknya kamu mengingat ingatlah akan pepatah “Bahwa di atas gunung masih ada langit”. Begitulah beliau melanjutkan nasehatnya kepada saya.

Dan kalimat yang kedua juga yang saya dengar dari nasehat beliau, sewaktu melanjutkan nasehatnya kepada saya adalah :

Dan Jangan pernah mengeluh atas hasil dari apa yang telah kamu dapatkan hari ini" 

karena sesungguhnya sekecil apapun hasil yang telah kita dapatkan itu, akan jauh lebih baik jika kita bisa mensyukurinya, karena memang sesungguhnya kita sebagai manusia lebih di wajibkan untuk mensyukuri atas nikmat yang telah di berikan. dan sesusah-susahnya keadaan kita saat ini, tetap kita harus tau diri, dan menyadari bahwasanya masih banyak di luar sana yang lebih susah dari pada kehidupan kita saat ini.

Jadi sebaik-baiknya kita sebagai manusia adalah  selalu mensyukuri apa yang di dapatkan hari ini, dan tetap berusaha untuk esok hari agar bisa mendapatkan yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Intinya di sini adalah bahwa apa yang di sampaikan oleh sahabat saya itu, untuk mengingatkan saya agar menjadi salah satu orang yang pandai bersyukur atas apa yang telah saya dapatkan.

"Jadilah orang yang pandai bersyukur atas segala sesuatu yang telah di dapatkan, Sebab Bersyukur itu Jauh Lebih Nikmat dari pada Mengeluh terhadap Keadaan"

Kepercayaan dan Juga Keyakinan yang Kuat Untuk Berani Melangkah, Akan Mampu Membawa perubahan terhadap kehidupan kita kedepannya.


*****
UBAH CARA PIKIR BECAUSE SEMUA ITU MUNGKIN YES YOU CAN

Pentingnya Kepercayaan Diri Dalam Diri Kita Untuk Meraih Perubahan Dalam Kehidupan Yang Kita Jalani.


Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, masih dalam topik pembahasan soal kepercayaan, bahwa seperti yang kita ketahui juga bahwa di dalam setiap perjalanan dalam kehidupan yang telah kita jalani ini tentunya kita juga telah mengetahuinya, entah itu dari melihat mendengar atau mungkin mengalaminya, sebab seperti yang telah kita ketahui bahwa di setiap garis takdir kehidupan seseorang itu memang berbeda-beda, ada yang memang telah di takdirkan memiliki kehidupan yang cukup dan ada juga yang kurang cukup, dan begitu pun cara kita atau pun mereka menjalankannya juga sudah tentu pasti berbeda-beda, ada yang pandai mensyukuri atas semua nikmat yang telah di berikan, ada pula yang memang mengeluhkan keadaannya.

Pada dasarnya yang perlu dilakukan adalah kepercayaan diri yang ada dalam diri kita sendiri, percaya dan yakin bahwa kita mampu untuk meraih, menjaga dan mempertahankan. Seperti yang kita ketahui bahwa dari setiap garis kehidupan seseorang itu memang semuanya tidak sama, dan berbeda-beda. dan cara kita atau pun mereka pun juga berbeda-beda...

Ada yang pasrah menghadapi lika-liku kehidupannya mengikuti alur perjalanan hidup yang telah di gariskan, namun ada juga yang berontak untuk melawannya dan memilih untuk mencari alur jalan hidup yang lain, agar dapat memberikan perubahan terhadap garis kehidupannya, semua itu tergantung pada kepercayaan yang ada dalam diri kita.

Nah dari beberapa contoh kehidupan yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita, kita pun sudah banyak melihat perubahan-perubahan yang ada, atas apa yang di jalankannya untuk mendapatkan perubahan tersebut. Namun perlu kita sadari juga bahwa dari setiap perubahan dalam kehidupan seseorang itu pun tidak akan pernah bisa di jadikan patokan untuk kehidupan kita, kenapa ?!!...

Karena kita tau, bahwa memang garis kehidupan seseorang itu memang sudah pasti berbeda, hanya saja dari setiap perubahan  dari kehidupan seseorang tersebut mungkin saja bisa memotivasi kita untuk tetap berusaha dan berupaya serta berdoa agar kita juga mau dan terdorong untuk tetap berusaha agar supaya mendapatkan perubahan tersebut untuk kehidupan kita ke depannya menjadi lebih baik dari sebelumnya, kuncinya adalah :

Memiliki Kepercayaan Dan Keyakinan Diri Untuk Berani Melangkah Demi Meraih Suatu Perubahan Dalam Kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.
*****

Nah para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, kembali ke topik utama tentang masalah bagaimana meraih dan menjaga serta mempertahankan “kepercayaan” yang telah di berikan oleh seseorang untuk kita, dari perjuangan saat kita ingin meraih kepercayaan tersebut harusnya dapat membuat kita bisa menjaga dan mempertahankannya, karena dari setiap perjuangan tersebut tentunya kita telah banyak melakukan hal-hal berat dan beresiko yang telah banyak kita lalui dengan pengorbanannya... dan hal itu harusnya dapat membuat kita benar-benar bisa menjaga dan mempertahankan kepercayaan tersebut.

Di sini saya akan menjelaskan juga tentang perbedaan meraih dan menjaga kepercayaan terhadap seseorang, baik itu teman, kerabat atau mungkin partner kerja, atau bisa juga di sebut bos (atasan kita).

Seperti yang telah saya ulaskan di atas, bahwa memang di berikan kepercayaan sangat jauh berbeda rasanya dengan apa yang namanya memberikan kepercayaan terhadap seseorang.

Kenapa ?!!... Jika kita telah di berikan kepercayaan oleh seseorang, itu karena hasil dari pada usaha dan upaya kinerja kita sebagai bawahan, dan sudah pasti akan membuat kita merasakan arti dari pada perjuangan dan pengorbanan yang di sertai juga dengan doa.

Sedangkan memberikan kepercayaan terhadap seseorang yang menjadi bawahan kita, kita memang harus benar-benar teliti dalam hal tersebut, jangan sampai kepercayaan yang kita berikan malah balik di manfaatkan oleh bawahan, teman kerabat atau bahkan patner kerja kita yang akhirnya dapat merugikan diri kita nantinya, nah menurut pembaca manakah yang lebih beresiko?!! Memberikan atau di Berikan ?!!...



Para pembaca yang budiman, kesimpulannya  di sini adalah bahwa Meraih mungkin masih bisa di bilang mudah kita lakukan daripada Menjaga atau pun Mempertahankannya !!!...

Kenapa ?!!... karena untuk meraih kita memang masih bisa dan banyak memiliki kesempatan untuk tetap terus berusaha, walaupun harus menempuh berbagai perjuangan dan pengorbanan yang begitu melelahkan... berbeda dengan Menjaga dan Mempertahankan yang memang penuh dengan berbagai godaan dan juga harus memiliki keimanan yang kuat dalam diri kita agar dapat menolak atau menepis semua godaan-godaan yang datang silih berganti.

Sedangkan memberikan kepercayaan itu sangat beresiko dari pada di berikan kepercayaan...
Kenapa ?!!... karena jika kita memang salah memberikan kepercayaan terhadap seseorang, maka cepat atau lambat akan merugikan diri kita sendiri, maka berhati-hatilah di saat Anda akan memberikan kepercayaan anda terhadap orang-orang di sekeliling Anda, dan jagalah jika memang Anda saat ini telah di berikan kepercayaan oleh seseorang, karena kepercayaan yang telah ia berikan oleh seseorang untuk kita itu sesungguhnya merupakan suatu amanah yang semestinya harus kita jaga sepenuh jiwa dan raga.

Nah para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, kiranya sekian dulu ulasan untuk kali ini, dan kurang lebihnya saya juga meminta maaf, jika memang ada salah dalam penulisan kata dan juga penyampaiannya karena memang sesungguhnya saya pribadi pun masih dalam pembelajaran, dan di sini dengan ulasan-ulasan yang telah saya rangkai ini sedikit pun saya tidak ada maksud untuk menggurui siapa pun namun di sini saya hanya mencoba sekedar mengingatkan kembali dan mengajak para pembaca sekalian untuk sama-sama belajar dan mempelajari kembali dari apa yang pernah kita pelajari sebelumnya. Wasalam.


Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia 
By. Poetoechikals

Saron

Gamelan

Mini

Saron