Poetoe

Kening adalah Alat Musik Tradisional khas Cirebon


Kening adalah alat musik tradisional khas Cirebon poetoechikals.com - Kening adalah sebuah mainan alat musik tradisional hasil dari pada karya kreativitas kerajinan tangan yang sudah turun temurun di produksi oleh para pengrajin industri rumahan yang berasal dari kota Cirebon tepatnya di Dusun Pon. Rt/Rw. 13/04 Desa. Kondangsari Kec. Beber kab. Cirebon Jawa Barat.
Dan memang pada kenyataannya sebagian besar masyarakat di Dusun tersebut adalah merupakan pengrajin dari pada mainan  alat musik tradisional  Kening tersebut.


***
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Hai Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, terima kasih banyak atas kesediaan anda meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs ini, di mana situs ini menyediakan semua informasi tentang seputar kegiatan serta perkembangan dari pada produk-produk hasil karya kreativitas dari kerajinan tangan industri rumahan, mainan alat musik tradisional gamelan mini saron atau yang biasa kami sebut sehari-harinya adalah  Kening.



Nah para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, seperti pada tayangan video di atas tersebut di jelaskan, bahwa memang sebagian besar masyarakat di Desa. Kendangsari  Kec. Beber Kab. Cirebon tepatnya Di Dusun. Pon Rt.13/Rw.04 memang merupakan pengrajin dari pada mainan alat musik tradisional Gamelan Mini (saron) atau yang biasa kami sebutkan sehari-harinya mainan tersebut dengan nama KENING, dan...

Baiklah para pembaca yang budiman di kesempatan kali ini saya akan memberikan ulasan seputar informasi tentang perkembangan terkini dari produk-produk hasil karya kreativitas tersebut, di mana sebuah mainan alat musik tradisional gamelan mini saron (kening) yang sudah turun temurun di produksi oleh para pengrajin di daerah kami ini, dari tahun ke tahun sebelumnya perkembangannya naik turun, dan itu semua memang di karenakan oleh ketatnya persaingan di era yang serba modern dan semakin canggih. 

Berbeda dengan yang terjadi pada saat ini atau jelasnya di tahun 2020, untuk perkembangan dari pada produk-produk tersebut perlu di ketahui, bahwa apa yang sedang di alami oleh para pengrajin mainan tersebut, sekarang ini baik dari perkembangannya, bahwa pada saat ini kening atau mainan Alat Musik Tradisional Gamelan Mini (saron) tersebut mulai semakin menurun dan memprihatinkan saja, pascanya dari berkurangnya para peminat yang pada kenyataannya lebih tertarik terhadap mainan alat musik modern dari pada Tradisional.


Dan tambah lagi dengan kondisi yang sedang di alami seperti pada tahun sekarang ini, akibatnya penurunan dari pada perkembangan pemasaran mainan alat musik tradisional tersebut malah semakin menurun drastis, di sebabkan oleh para pemasar atau para pedagang kami yang tidak bisa memasarkan produk-produk tersebut seperti pada umumnya atau biasanya.

Di jelaskan juga di sini, seperti yang telah kita ketahui bahwa dari semenjak awal tahun 2020 tepatnya awal bulan Maret kemarin, bahwa di semua negara telah di sedang oleh wabah atau virus,  wabah atau virus yang menyerang ke setiap negara di dunia. dan ada pun dampaknya memang pada kenyataannya sangat begitu berpengaruh sekali terhadap usaha-usaha yang ada di negara kita, dan salah satu contohnya pada usaha kami sebagai pengrajin Gamelan Mini (saron) sehingga untuk tetap aktif dalam memproduksi mainan tersebut pun kini benar-benar harus terhenti dan sudah mulai kebingungan oleh karena stok produk yang menumpuk.

Inilah memang kenyataannya dari dampak akibat wabah atau virus tersebut yang memang sedang melanda negara-negara di seluruh pelosok penjuru dunia, dan dampak tersebut memanglah sangat begitu berpengaruh terhadap usaha-usaha besar maupun kecil, contah kecil seperti usaha-usaha yang kami jalani, yang memang para pemasar atau penjual offline kami pun memang sudah benar-benar mulai kebingungan untuk memasarkan  dan menjual mainan alat musik gamelan mini saron (kening), memang kami juga tidak bisa sepenuhnya menyalahkan situasi dan kondisi yang sedang di alami oleh negara kita tersebut terhadap wabah atau virus yang sedang melanda, sebab tidak hanya untuk para pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening saja dampak dari wabah virus tersebut juga berpengaruh terhadap usaha-usaha yang lainnya selain dari pada para pengrajin Gamelan Mini (saron) Kening.

Akan tetapi perkembangan dari pada produk mainan Alat musik yang kami produksi ini, perlu kami jelaskan memang, sebelum adanya  wabah atau virus tersebut keadaan dari pada perkembangannya, pada kenyataannya memang telah mengalami penurunan yang bisa di bilang cukup drastis, dan penurunan dari pada perkembangan mainan alat musik tradisional tersebut yang tiada lain di sebabkan oleh harga-harga bahan baku yang memang sudah tidak sangat stabil dan atau sudah sangat jauh keseimbangannya dengan harga yang di pasarkan oleh kami para pedagang offline atau pun para pedagang online, serta selain itu juga penurunan dari padanya di sebabkan oleh berkurangnya para peminat dari para pecinta seni Alat Musik Tradisional yang dengan seiring berjalannya perkembangan zaman yang semakin canggih dan modern untuk bersaing, sejak saat itu juga kami para pengrajin sudah mulai kebingungan.

Belum selesai mengatasi kebingungan kami pada saat itu, kini kami pun di hajar kembali dengan kasus wabah yang melanda negara kita saat ini, ya dengan adanya Wabah atau Virus tersebut. Sehingga mengakibatkan para pedagang dan pemasar tidak bisa berjualan, jadi pasrah sudah kini nasib kami sebagai para pengrajin mainan anak-anak.

Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, setelah itu... Masihkah akan ada harapan bagi kami sebagai generasi cucu dari para penerus pengrajin yang sudah mulai kebingungan untuk bisa tetap memproduksi  dan tetap melestarikan serta membudayakan warisan dari nenek moyang leluhur kami ini ?!!!... Dimana sebuah Mainan alat musik tradisional tersebut akankah tetap bisa bertahan dan berjaya di ketatnya persaingan globalisasi jaman ?!!!...


Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, pada kenyataannya tercatat pula sudah tidak banyak lagi para pedagang dan pemasar offline, dan sudah banyak pula para pengrajin gamelan mini saron (Kening) yang memang mulai memilih membanting setir, dan itu pun di antara mereka yang memang memiliki keahlian selain dari pada sebagai pengrajin dan juga yang memiliki modal untuk bekalnya, namun jika kondisi masih tetap seperti ini, apakah membanting setir itu pilihan terbaik ?!!!...

Para pembaca yang Budiman, seperti yang memang kami rasakan saat ini sebagai pengrajin, bahwa dengan situasi seperti sekarang ini kami semuanya hampir kehilangan harapan untuk bisa tetap melestarikan dan membudidayakan warisan dari leluhur kami ini, kerena memang pada kenyataannya sebagian besar para pengrajin sudah merasa tidak memiliki adanya harapan untuk tetap bisa mempertahankan serta mengembangkan keahlian karya kreativitas nya sebagai pengrajin Gamelan Mini saron (Kening).

Dan memang yang terjadi saat ini pun, para generasi muda di tempat kami memproduksi mainan anak-anak tersebut juga, sedikit pun sudah tidak ada yang memiliki  ketertarikannya, untuk bersama-sama membangun kembali agar bisa tetap terus  memajukan dan melestarikan warisan budaya dari nenek moyang kami tersebut itu.

Dan yang tersisa di sini beberapa dari kami para cucu sebagai generasi penerus ketiga yang memiliki mimpi pun, satu persatu sudah mulai merasa pesimis untuk dapat bertahan agar bisa meraih mimpi-mimpi kami  dan tetap bisa melestarikan hasil budaya tersebut, yah memang semuanya di karenakan keadaan kami yang  pada kenyataannya berjalan sendiri-sendiri dan tidak mempunyai atau memiliki dukungan dari siapa pun dan juga pihak mana pun, di tambah lagi dari tidak adanya para peminat  atau pecinta seni yang serius mendukung hasil karya kreativitas kami dalam melestarikan dan membudidayakan warisan leluhur tersebut, malah yang ada semakin hari semakin surut menghilang baik pecinta seni mau pun para peminat, bahkan yang ada malah semakin banyak saja yang memandang sebelah mata dari pada hasil karya kreativitas kami.

Para pembaca sekalian, perlu diketahui bahwa saat ini satu persatu para rekan-rekan cucu generasi sesama pengrajin kami, sebagian mereka pun memang sudah mulai mencoba banting setir, karena mereka merasa memang sudah tidak memiliki harapan untuk meneruskan mimpi - mimpi tersebut sebagai generasi penerus dari pengrajin mainan alat musik tersebut.





Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, tujuan dari pada ulasan dari informasi perkembangan tentang sebuah produk hasil dari karya kreativitas industri rumahan tersebut ini, kami sengaja informasikan semata-mata bukan untuk meminta rasa belas kasihan dari para pembaca sekalian, di sini kami hanya sekedar memberikan sedikitnya informasi tersebut tentang perkembangan terkini yang memang terjadi dan memang sangat memprihatinkan di mata budaya Indonesia.

Dan pada kenyataannya memang sebenarnya kami akui, bahwasanya sebagian besar profesi sebagai pengrajin mainan anak-anak yakni sebuah alat musik tradisional gamelan mini saron (Kening) ini, selain untuk dapat bertahan dan  tetap bisa melestarikan hasil budaya, profesi sebagai pengrajin dari pada produk-produk tersebut juga adalah  merupakan sumber dari pada mata pencaharian warga kami di sini, yang memang perlu di ketahui keadaannya, bahwa memang saat ini kami para pengrajin Gamelan Mini (saron) KENING, sedang mengalami kesulitan dalam pemasaran dan penjualan, yang semakin hari malah semakin terus mengalami penurunan, seakan-akan memang telah membuat para pengrajin satu demi satu mulai mengeluhkan keadaan tersebut, sehingga satu persatu juga para pengrajin pun sudah mulai membanting setir dan meninggalkan profesinya sebagai pengrajin mainan tersebut.

Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, sejujurnya bahwa kami di sini sebagai pengrajin  yang memproduksi sebuah mainan alat musik tradisional gamelan mini saron KENING tersebut, memang selain sekedar untuk menyalurkan hobi dalam berkarya dan berkreativitas di dunia seni Alat Musik Tradisional, bahwa hasil dari pada karya kreativitas tersebut itu pun sebagian besar memang merupakan salah satu sumber mata pencaharian warga kami.

******

Para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, kiranya cukup sekian ulasan untuk informasi tentang perkembangan terkini dari pada produk-produk dan juga kegiatan yang terjadi di area para pengrajin gamelan mini saron (Kening) industri rumahan, mudah-mudahan ulasan atau informasi tersebut dapat bermanfaat, dan kurang lebihnya kami juga minta maaf, bilamana ada salah dalam kata yang kami rangkai di dalamnya, dan di lain kesempatan Insya Allah kami akan kembali dengan ulasan-ulasan tentang informasi perkembangan selanjutnya...



SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING Untuk PERBAIKAN KEDEPANNYA.




Terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wa'barakaatuh.


Salam Budaya Indonesia.

By. PC SARON 
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional Khas Cirebon.
Serta Mengembangkan Bakat Dan Hobi Berkreativitas di dalam dunia seni Alat Musik Tradisional.

Saron

Gamelan

Mini

Saron