Poetoe

Proses Dan Tata Cara Atau Tutorial Gamelan Mini SARON 13 Bilah Nada Doremi


Assalamualaikum Wr Wb


Poetoechikals.com – hai para pembaca yang budiman, terima kasih banyak atas kunjungan Anda di situs poetoechikals.com, dan di kesempatan kali ini, poetoechikals.com ingin memberikan ulasan tentang tutorial proses pembuatan bilah saron gamelan mini 13 bilah nada Doremi, dan semoga ulasan tutorial ini nantinya dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian yang ingin mencoba bereksperimen untuk membuat bilah saron gamelan mini tersebut. 

Poetoechikals.com – Baiklah para pembaca yang budiman langsung saja saya mulai ulasan tutorial tersebut. Yang pertama-tama yang meski para pembaca siapkan adalah peralatan-peralatan yang di butuhkan dan yang kedua adalah bahan baku untuk membuat bilah nada tersebut, nah di sini saya menganjurkan kepada para pembaca sekalian agar bahan baku tersebut menggunakan bahan seperti besi plat lembaran, seperti pada gambar di bawah ini, saya menggunakan bahan besi plat lembaran, dan bahan tersebut adalah besi plat lembaran yang masih utuh dari toko dengan ukuran L120cm × P240cm dengan memakai ketebalan 1,5mili. 


Nah dari panjang bahan tersebut kemudian saya memotongnya menjadi 6 potong dengan masing-masing ukuran 40cm/potongnya, karena untuk ukuran panjang kerucut gamelan mini saron 13 bilah nada Doremi yang selama ini kami (pengrajin) produksi itu adalah 40cm. 


Poetoechikals.com – Nah para pembaca yang budiman, setelah bahan tersebut sudah terpotong sesuai dengan ukuran yang di butuhkan, kini langkah selanjutnya adalah membuat ukuran Kerucut gamelan mini saron tiap setnya, dan untuk ukuran Kerucut pergamelan mini saron 13 bilah nada tersebut adalah sebagai berikut : 

1. Untuk ukuran lebar kerucut 4,5cm ke 11,5cm
2. Panjang seluruh kerucut 40cm.

Poetoechikals.com – Nah Para pembaca yang budiman, gimana bisa saya lanjutkan 🤔... 

Setelah semua bahan telah di ukur dan di potong menjadi sebuah kerucut, tahap selanjutnya adalah, memotong-motong kerucut tersebut untuk mendapatkan atau membuatnya menjadi potongan-potongan 1 set bilah gamelan mini saron, dengan ukuran kelebaran masing-masing bilah saron 3cm/bilahnya dan nanti hasil dari potongan-potongan kerucut tersebut akan menghasilkan bilah-bilah sebanyak 13 bilah nada. Langkah selanjutnya...


Setelah semua terpotong menjadi satu set bilah-bilah nada, langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh para pembaca sekalian adalah, melubangi bilah-bilah saron tersebut sesuai dengan ukuran yang di butuhkan, karena fungsi daripada lubang-lubang bilah saron tersebut nantinya adalah untuk merangkaikan bilah tersebut di atas kayu rancanya kelak.

Poetoechikals.com – Nah para pembaca yang budiman, bilah-bilah saron tersebut sudah selesai di lubangi kan ?!!... Baiklah jika memang semua sudah di lubangi, kita lanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu proses pencarian Laras nada Doremi.. Sedikit saya akan jelaskan, bahwasanya di sini kami para pengrajin gamelan mini saron, memang masih menggunakan cara manual untuk melaraskan nada pada bilah-bilah tersebut, dengan menggunakan insting yang tidak banyak orang memilikinya, namun dari turun-temurun memang para pengrajin gamelan mini saron melaraskan nada pada bilah-bilah tersebut dengan cara manual. 

Poetoechikals.com – Dan di lingkungan kami para pengrajin gamelan mini saron juga tidak banyak yang menguasai keterampilan tersebut, dan malah yang tersisa kini sudah bisa di hitung... Apalagi sekarang di lingkungan kami para pengrajin gamelan mini saron, para generasi pun sudah tidak ada minat lagi untuk mempelajari atau menguasai keterampilan tersebut, malah kebanyakan sekarang para generasi penerus dari para pengrajin gamelan mini saron tersebut, lebih memilih pekerjaan/propesi lain... 

Lanjutkan...

Oke para pembaca yang budiman, setelah tahap atau proses pelarasan nada pada bilah-bilah tersebut telah selesai, kini tiba saatnya para pembaca sekalian melanjutkan ke tahap paling akhir atau bisa di bilang finishing dalam proses pengerjaan bilah nada saron tersebut. Tahap akhir dari proses pengerjaan bilah-bilah nada saron tersebut yaitu penyempurnaan Laras nada. Nah penyempurnaan Laras nada tersebut adalah melalui proses pembakaran, pembakaran bilah nada tersebut membutuhkan waktu 30menit untuk pembakaran satu sampai dengan sepuluh set bilah nada, namun jika bilah-bilah saron lebih dari 100set, itu akan membutuhkan waktu kurang lebihnya hingga dua jam. 


Poetoechikals.com – Nah para pembaca yang budiman, itulah ulasan tentang tutorial proses pembuatan bilah saron untuk gamelan mini saron 13 bilah nada Doremi, semoga ulasan tersebut dapat di mengerti oleh para pembaca sekalian, sehingga nantinya dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian saat mencoba bereksperimen untuk membuat bilah nada tersebut. Dan mohon maaf atas segala kekurangannya... 

SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING UNTUK PERBAIKAN KEDEPANNYA” 

Terima kasih. 
Salam Budaya Indonesia 
By : PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon
Serta Mengembangkan Bakat dan Hobi Berkreativitas di dalam dunia seni alat musik tradisional.

Saron

Gamelan

Mini

Saron