Poetoe

Fungsi dan peran penting Catalytic Converter pada kendaraan Bermotor


Poetoechikals.com – hai para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, terima kasih banyak atas kesediaannya berkunjung di situs ini, situs yang sebenarnya atau seharusnya memberikan informasi tentang kegiatan serta perkembangan dari pada para pengrajin gamelan mini saron, namun pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang sebuah cerita dari perjalanan saya beberapa pekan sebelumnya, dalam mencari barang-barang bekas yang memang masih memiliki nilai jual yang cukup lumayan. Namun dari setiap perjalanannya dalam mencari barang-barang tersebut ternyata tidak lah mudah dan di tambah lagi telah banyak sekali pesaing-pesaing yang bisa di bilang sudah sangat senior, bahkan pesaing-pesaing tersebut bukan saja berasal dari orang kita (+62) namun ada juga bule arab.🤔

Nah para pembaca yang budiman di mana pun anda berada saat ini, Sebelum saya lebih lanjut untuk mengulas apa yang akan saya ulas kali ini, saya ingin memohon maaf terlebih dahulu, bahwa di sini dengan ulasan yang akan saya bahas ini, saya tidak ada maksud dan tujuan yang lainnya, melainkan hanya sekedar berbagi pengalaman, dan juga berbagi pengetahuan, karena menurut saya memang tidak banyak orang yang tahu, atau mungkin sudah tahu namun mengabaikannya, Baiklah saya mulai saja untuk mengulas nya...


Poetoechikals.com – Berawal dari sebuah percakapan saya dengan sahabat saya, yang bisa di bilang juga saat ini beliau adalah seorang Bos. Pada saat itu saat sedang asyik mengobrol dengan beliau, dan di tengah-tengah obrolan beliau menanyakan pada saya, apa kegiatan saya sehari-harinya (pekerjaan), dengan lepas saya menjawab bahwa sebenarnya keseharian saya itu pengrajin. Dari situ beliau menanyakan prospek  terhadap profesi saya sebagai pengrajin, saat itu saya memang menjawab apa adanya pertanyaan beliau.
Setelah mendengar cerita dan penjelasan saya tentang prospek dari profesi saya sebagai pengrajin, beliau menanyakan kepada saya bahwa di tempat tinggal saya ada banyak bengkel kenalpot mobil atau tidak ?!! Saya pun menjawabnya singkat “tidak tahu om, karena saya memang jarang berkeliling di kota dimana saya tinggal”. Lalu dia pun berkata lagi...


Masa sih di kota dimana tempat kamu tinggal gak ada bengkel kenalpot, itu kan termasuk kota besar ?!!... Dan saya pun menjawabnya “emang saya kurang tau om kalo masalah itu, masalahnya juga kan saya jarang berkeliling om.

Dan sahabat saya pun berkata lagi “coba deh kamu keliling untuk cari bengkel kenalpot mobil di kotamu, siapa tau ini juga jodoh buat kamu... trus saya pun bertanya, emang kalo ada, kenapa om ?!!... Lalu beliau menjawab, “kamu cari kenalpot bekasnya (rongsokannya) terus kalo ada kamu kirim potonya ke saya, setelah itu kalau itu memang bener kenalpot bekasan yang saya cari, nanti kamu beli kenalpot tersebut” sampai di situ waktu itu saya juga belum paham dan akhirnya saya juga bertanya lagi, “terus cara saya nanyain ke bengkel tersebut bagaimana om ?!!... beliau pun langsung menjawab “ bilang saja kamu nyari saringan bekas mobil atau katalis atau bisa juga ancuran katalis, dan ciri-cirinya saringan tersebut seperti sarang tawon yah, dan nanti juga seiring berjalannya waktu kalau kamu sudah sering keliling bengkel dan mendapatkan apa yang saya maksud, kamu pasti akan paham ko” begitu beliau menyampaikan penjelasannya kepada saya waktu itu.


Poetoechikals.com – Para pembaca yang budiman dimana pun anda berada, dari situ atau setelah itu saya memang mulai berkeliling dari bengkel ke bengkel kenalpot mobil, dari situ selain saya mendapatkan kenalpot bekas yang di maksud, ternyata saya juga banyak mendapatkan informasi lain dari para bengkel kenalpot yang saya datangi, bahwa memang telah banyak juga yang mencari kenalpot bekasan tersebut, dan di salah satu kota juga saat saya sedang keliling mencari bekasan Kenalpot tersebut, tak sengaja saya bertemu dengan dua orang bule Arab di salah satu bengkel saat saya berkeliling di kota Tasikmalaya Jawa Barat, nah dua bule arab tersebut pun juga datang ke bengkel tersebut dan tujuannya sama dengan saya, yaitu mencari kenalpot bekasan tersebut. Dari situ saya benar-benar mulai heran. Nah para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, dari kejadian tersebut timbul pertanyaan dalam hati saya, ada apa dengan kenalpot bekas tersebut ?!!...

Dan akhirnya untuk menjawab semua pertanyaan dan rasa penasaran saya, saya pun langsung bertanya sama Mbah Google, dan di situ Mbah Google pun menjawabnya dengan berbagai macam versi artikel, dan dari sekian banyaknya versi jawaban yang di tawarkan oleh Mbah Google, akhirnya ada salah satu versi artikel dari sebuah situs senior yang menurut saya sangat memberikan begitu banyak pengetahuan terhadap saya dan mungkin juga untuk para pembaca selanjutnya. Dan akhirnya saya memilih untuk membaca dan mempelajari artikel tersebut.

Artikel tersebut di tulis oleh BAGUS IRAWAN dari Universitas Muhammadiyah Semarang, dan di publikasikan oleh beliau di situsnya pada tanggal 27 Maret 2015. Dengan di beri judul dalam Artikel nya yaitu :
“Catalytic Converter Sering Di Lupakan Pengemudi Mobil”

Di dalam artikel tersebut di jelaskan oleh beliau secara rinci dan detail tentang apa itu Catalytic Converter serta fungsi dan peran penting Catalytic Converter pada kendaraan bermotor khususnya roda empat, yang sering kali di lupakan oleh para pengguna kendaraan bermotor tersebut. Dan telah di jelaskan juga di dalam artikel tersebut oleh beliau tentang kegunaannya dalam suatu kendaraan, di situ fungsi serta peran dari alat tersebut itu sangatlah penting karena digunakan untuk mengurangi emisi gas buang carbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), nitrogen oksida (NOx) dan partikulat yang keluar dari kenalpot di mana memang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Pembahasan serta penjelasan yang di sampaikan oleh beliau dalam artikel tersebut, memang sangat begitu patut untuk Kita pelajari dan ketahui yang sebenarnya. Karena selain kita menginginkan kenyamanan untuk diri kita, kita juga harus memikirkan dampak pada kenyamanan di sekeliling kita.

Nah para pembaca yang budiman, seperti yang telah kita ketahui sekarang, faktor kenyamanan dan juga keamanan merupakan hal mutlak yang memang tidak bisa di hilangkan dari sebuah kendaraan bermotor, akan tetapi terkadang para pemilik atau pengguna kendaraan bermotor, tidak atau mungkin lupa memikirkan kenyamanan dan keamanan orang-orang di sekeliling dan di sekitarnya di luar pengguna kendaraan. Sebab dari pada itu sendiri saya juga masih belum tau, apakah memang sebenarnya para pengguna kendaraan tidak memahami hal tersebut, Sehingga yang seringnya juga mengabaikan kenyamanan lingkungan sekitarnya,

padahal memang seharusnya kita tahu, bahwa lingkungan sekitar juga memiliki hak untuk merasakan kenyamanan dan keamanan tersebut atas polusi yang telah di keluarkan oleh setiap kendaraan agar tidak meracuni lingkungan agar tidak tercemar polusi beracun. Oleh sebab itu para pembaca yang budiman, penggunaan catalytic converter untuk mengurangi emisi gas buang pada kendaraan bermotor memang sudah lama dilakukan. Peranti ini telah digunakan di USA sejak tahun 1975 karena adanya peraturan environmental protection agency (EPA) yang semakin ketat tentang gas buang kendaraan bermotor. Alat ini mengkonversi senyawa-senyawa toksik (racun) dalam gas buang menjadi zat-zat yang kurang toksik atau tidak toksik.

Poetoechikals.com – Dan perlu kita ketahui juga para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, bahwa Emisi gas CO bila terhirup oleh manusia akan masuk dalam darah dan mengikat Hb dalam darah yang berakibat darah kekurangan oksigen. Jangka waktu yang singkat, bila darah terus kekurangan oksigen akan menyebabkan kematian pada si penghirup gas beracun ini. Begitulah yang telah disampaikan oleh beliau di dalam ulasannya

Sampai di situ, dan setelah saya mempertanyakan rasa penasaran saya, saya pun kini mulai mengerti dan sedikit demi sedikit mulai memahami... Fungsi dan peran penting barang bekas tersebut, dan Kenapa barang bekasnya pun masih banyak di cari, karena barang bekas tersebut masih memiliki nilai rupiah yang lumayan...
Dan barang bekas tersebut pun masih bisa di daur ulang kembali oleh perusahaan yang selama ini memproduksinya...


Di sini saya juga mau sedikit menjelaskan, Catalytic Converter pada kendaraan bermotor, adalah sejenis alat penyaring dari gas buangan yang memiliki bahan Platinum Palladium dan Rhodium, dan bahan tersebut memang masih terbatas, sehingga bekasnya pun masih bisa di daur ulang kembali untuk di produksi lagi, biarpun bekas para pengepul juga memberikan harga yang pastinya sesuai dengan barang tersebut. Dan barang bekas tersebut bisa di kategorikan limbah yang memiliki nilai jual yang lumayan, nah bagi anda para pembaca yang memiliki kenalpot bekasnya dan mau menjualnya, silahkan untuk menghubungi Contacts kami.

Lanjutkan...
Nah di sini, kami memang mencari bekasan Kenalpot tersebut dari bengkel ke bengkel, dan menerima keadaan apa pun, bahkan sampai ke yang sudah hancur pun kami masih membelinya dengan harga yang sesuai...


Nah para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, di sini dalam setiap perjalanan saya berkeliling dari bengkel ke bengkel kenalpot mobil, telah banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang saya dapatkan untuk dapat saya jadikan pembelajaran dalam menjalani perjalanan hidup kedepannya, nah para pembaca yang budiman kiranya sekian dulu ulasan untuk kali ini, Mudah-mudahan ulasan tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua untuk menambah pengetahuan kita, bukan hanya sekedar dari barang bekas yang masih memiliki nilai jual nya, melainkan tentang fungsi dan peran penting Catalytic Converter pada kendaraan bermotor. Dan insya Allah di lain kesempatan, saya akan sambung kembali dengan ulasan-ulasan berikutnya...


Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia.

Saron

Gamelan

Mini

Saron