Limbah dan pemanfaatannya : Beberapa Kategori Limbah Tersebut Seperti Drum bekas, sebitan kayu, kertas koran bekas, kenalpot katalis bekas

Mirror of life : Mengulas Tentang Limbah Dan Pemanfaatannya.
https://www.poetoechikals.com
Apa itu Limbah ?!...
Pengertian dan penjelasan dari berbagai sumber situs web telah banyak dan bervariasi memberikan pelayanan informasinya sesuai versi atas pengetahuan mereka masing-masing dari sumber-sumber tersebut...

Dan kembali semua tergantung pada diri kitanya lagi sebagai pembaca sekaligus pencari informasi, melihat dari sisi mana untuk informasi atau pengetahuan yang kita inginkan, atau kita butuhkan.

Seperti pada penjelasan di bawah ini.

Sebenarnya secara umum, pengertian limbah itu sendiri adalah buangan yang lebih banyak berupa material sisa, yang dianggap sudah tidak layak untuk di pakai serta di kelola kembali, dan sudah tidak memiliki nilai apa pun dalam perusahaan industri atau domestik, untuk suatu proses produksi, karena itu perusahaan industri dan domestik menganggapnya sebagai limbah atau sampah dari suatu perusahaan industri. Sumber : di rangkum dari semua sumber yang ada.
https://www.poetoechikals.com
***Nah itulah sedikit atau sekilas informasi tentang pengertian dan penjelasan tentang limbah atau sebutan akrabnya yaitu sampah, yang saya dapatkan dan baca dari berbagai sumber-sumber yang telah ada.

Dan di kesempatan kali ini, Saya akan mengulas juga sedikit tentang beberapa limbah/sampah, dari sisi pemanfaatannya, sebab masih ada beberapa dari Limbah-limbah yang masih memiliki atau masih bisa untuk kita manfaatkan hingga bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi bagi kehidupan.

Dan yang saya tau, dari beberapa macam limbah di dunia ini itu di bagi ke dalam dua kategori, yaitu :  limbah yang pertama yang saya maksud adalah limbah yang memang masih bisa kita manfaatkan, dan juga mempunyai atau memiliki nilai tambah ekonomi bagi kehidupan.

Dan yang kedua : adalah limbah, yang memang sudah benar-benar menjadi sampah, hingga benar-benar sudah tidak bisa di manfaatkan lagi, dan memang harus di musnahkan atau di lenyapkan, agar dunia ini bersih tanpa limbah dan tidak sempit karena sampah 😎😉

Dan dari beberapa limbah-limbah yang masih bisa di manfaatkan oleh sebagian pihak tersebut ialah sebagai berikut :

01. Limbah Drum Bekas !!!...
https://www.poetoechikals.com
Di sini saya akan mengulas tentang sebuah limbah yang pertama, yang masih bisa di manfaatkan oleh sebagian pihak hingga memiliki nilai tambah ekonomi untuk kehidupan, yaitu limbah drum bekas, dan informasi tersebut langsung di peroleh dari sumbernya.

***Dan berbekal informasi langsung dari sumber sebuah Perusahaan yang berada di daerah Cikampek, yaitu Bpk. Adim (petugas satpam), Beliau menjelaskan bahwa di perusahaan tempatnya bekerja, perusahaan tersebut memakai drum-drum untuk tempat atau wadah penampung bahan baku, dan perusahaan tersebut hanya satu kali memakainya yang setelah itu, bahan baku dalam drum tersebut di keluarkan, atau di pakai hingga drum tersebut menjadi kosong tanpa isi, drum tersebut sudah di anggap limbah oleh perusahaan dimana tempat beliau bekerja, dan perusahaan tersebut mengeluarkan drum-drum kosong/bekas dari tempat beliau bekerja sebagai sampah/limbah perusahaan.

***Lanjutkan...

Setelah drum-drum tersebut kosong dan di keluarkan dari perusahaan tersebut sebagai limbah perusahaan, sebagian pihak di luar perusahaan tersebut, memanfaatkan limbah drum tersebut, hingga dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi, karena memang sampah perusahaan industri yang berupa limbah drum bekas tersebut, masih bisa di pergunakan atau di manfaatkan untuk di pakai kembali atau di jual kembali oleh sebagian pihak di luar perusahaan industri tersebut.

Karena mengerti bahwa memang sampah/limbah drum tersebut masih bisa di manfaatkan, akhirnya oleh beberapa pihak di luar perusahaan industri tersebut pun, di jadikan sebuah barang jual beli, hingga akhirnya sampailah limbah perusahaan drum tersebut jatuh ke tangan-tangan para peminat, dan para pengrajin, Seperti salah satunya adalah sampainya limbah-limbah drum tersebut ke tangan-tangan Pengrajin Gamelan Mini yang ada di kota Cirebon. Yang menurut sumber informasi yang di dapat langsung dari para pengrajin Gamelan Mini SARON atau KENING. Bahwa benar adanya dengan kekreatifan bakat dan hobi, mereka mengubah limbah drum tersebut menjadi sebuah karya yaitu mainan Alat Musik Tradisional yang memiliki khas, dan memang telah di jelaskan dan di sampaikan oleh mereka para pengrajin, bahwa Mainan Alat Musik Tradisional Gamelan Mini SARON khas Cirebon, di produksi dari bahan-bahan limbah, seperti limbah besi drum dan sebitan kayu yang di ambil dari panglong, (tempat pemotongan atau pembentuk balok kayu atau bahan-bahan pelengkap untuk sebuah bangunan rumah).

***Lanjut...

**Dan yang kedua Limbah yang masih bisa di manfaatkan dan masih bisa menghasilkan nilai tambah ekonomi yaitu :

02. Limbah Sebitan Kayu !!!...
https://www.poetoechikals.com
Limbah Sebitan kayu, adalah sisa'an dari potongan/belahan pinggir kayu yang memang sebenarnya itu sudah benar-benar menjadi sampah/limbah yang mestinya jadi kayu bakar. Namun di sebagian pihak memang benar-benar memanfaatkan nya, dan menyulapnya dengan membuatnya menjadi sebuah karya seni. Dan itu di lakukan oleh para pengrajin Gamelan Mini SARON yaitu Sebuah Mainan Alat Musik Tradisional khas Cirebon. Mereka memanfaatkan sebitan kayu tersebut untuk menjadikannya sebuah Tatakan/Ranca/Kerangka yang berbentuk seperti perahu, dan itu di tujukan untuk menempatkan bilah-bilah nada mainan gamelan mini saron kening tersebut. Dan bagi anda yang ingin berkunjung untuk melihat langsung dari proses para pengrajin Gamelan Mini SARON Kening, Anda bisa  langsung ke alamat yang ada di kontak kami, atau di bawah ini :

***PENGRAJIN GAMELAN MINI
Alamat :
Jln. Jenderal Sudirman
Dusun Pon. RT 13 / RW 04
Desa. Kondangsari Gang Djaed
Kec. Beber / Kab. Cirebon 45172
Jawa Barat Indonesia.

**Selanjutnya adalah :
03. Limbah Kertas Koran Bekas !!!...
https://www.poetoechikals.com
Limbah kertas Koran Bekas, Mungkin Sebagian berpikir bahwa limbah kertas koran bekas tersebut itu sudah tidak bisa di manfaatkan atau menambahkan nilai ekonomi lagi.

Tapi tidak untuk bapak. Sardiman atau lebih akrab Sadri Beib, Beliau malah bisa merubah limbah kertas koran bekas tersebut menjadikannya sebuah karya seni, edukasi dan nilai tambah ekonomi.

Dengan Kreativitas Bakat dan Hobi di dunia seninya, Beliau benar-benar merubah limbah kertas koran bekas tersebut menjadi sebuah karya seni hingga sampai membangun dan mendirikan sebuah sanggar, yaitu “SANGGAR TOPENG KORAN” 
https://www.poetoechikals.com
Dan tujuan dari pada di dirikan atau di bangunnya sanggar tersebut, yaitu untuk mengembangkan juga mengajarkan kepada anak-anak didiknya, agar mereka (anak-anak didik) mengenal dan mau berkarya meskipun harus dari bahan-bahan yang sudah menjadi limbah. Beliau pun menerapkan dan mempraktekkan hasil dari pada kreativitas karya-karya dalam merubah sebuah limbah menjadi suatu karya seni...
Dan jika Anda penasaran dengan hasil karya-karya beliau dan ingin berkunjung, anda dapat mengunjungi alamat di bawah ini :

***SANGGAR TOPENG KORAN
Alamat : 
https://www.poetoechikals.com
Kampung Tegal Kemuning
Kelurahan Tegal panggung
Kecamatan Danurejan
Kota Yogyakarta.

****
Dan selanjutnya ini adalah :
04. Limbah Kenalpot Katalis Bekas
https://www.poetoechikals.com
Nah di sini saya akan mengulas tentang sebuah limbah yang mungkin tanpa anda sadari dan tidak banyak orang mengerti atau tahu tentang limbah tersebut, barang rongsokan limbah jenis katalis ini pun memiliki nilai tambah untuk ekonomi, dan limbah tersebut telah banyak di cari oleh pihak-pihak yang terkait, limbah tersebut adalah, Katalis Kenalpot Bekas / Kenalpot katalis Bekas yang bisa di bilang memang barang rongsokan dari bekas kenalpot katalis Mobil. Seperti pada gambar-gambar berikut ini :
https://www.poetoechikals.com
https://www.poetoechikals.com
https://www.poetoechikals.com

https://www.poetoechikals.com
Nah dari sumber yang saya peroleh yang dapat di percaya serta di pertanggung jawabkan, bahwa beliau memang benar-benar siap untuk membeli dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kondisi barang tersebut, namun untuk lebih jelasnya lagi, bagi anda yang memiliki barang limbah rongsokan katalis tersebut dan bingung ingin menjualnya kemana ?!!...

Tidak usah kuatir karena, di bawah ini adalah kontak, yang bisa langsung anda hub atau chat untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas lagi tentang kenalpot katalis bekas.

Dan untuk informasi kontak :
WhatsApp : +62 823-2132-1033
****

Sekian ulasan Saya di kesempatan kali ini, tentang pembahasan LIMBAH DAN PEMANFAATANNYA.
Dan semoga dari pembahasan tersebut dapat bermanfaat bagi para pembaca semuanya, Amien...

SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING BAGI KAMI UNTUK PERBAIKAN DAN PENGETAHUAN KEDEPANNYA.


Terima Kasih.
Salam Budaya Indonesia
By. PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon, serta mengembangkan Bakat serta hobi di dunia alat musik tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel