Poetoe

Kegiatan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

https://www.poetoechikals.com
Poetoechikals.comHalo para pembaca yang Budiman, di mana pun anda berada, terima kasih banyak saya ucapkan atas kesediaan Anda meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs poetoechikals.com, dan di kesempatan kali saya akan mengulas tentang sebuah kegiatan yang dilakukan oleh warga penduduk di Desa. Kendangsari saat menyambut dan menjalani Bulan Suci Ramadhan.

Para pembaca yang budiman, seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, bahwa Desa. Kondangsari Adalah tempat di mana para pengrajin Gamelan Mini Saron tinggal dan memproduksi mainan Alat Musik Tradisional. Dan di desa tersebut kami sebagai para pengrajin sekaligus warga masyarakat desa tersebut selalu mengadakan kegiatan-kegiatan di saat bulan ramadhan pun tiba.

Nah selain melakukan kegiatan rutinitas seperti sholat tarawih berjamaah, Di desa kondangsari kecamatan beber kabupaten Cirebon ini, juga banyak mempunyai kegiatan rutin lainnya yang memang hanya di lakukan di setiap datangnya bulan suci ramadhan itu tiba, yaitu warga atau penduduk masyarakat desa Kondangsari yang terdiri dari beberapa Blok, Dusun, atau RT dan RW selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang di lakukan di setiap datangnya bulan suci ramadhan, dan kegiatan tersebut yaitu membangunkan warga penduduk setempat untuk ber-Saur yang di sebut NGOBROG.

Di situ warga masyarakat tersebut khususnya para pemuda dan juga generasi tiap blok berbondong-bondong dengan membawa peralatan musik ala kadarnya atau campursari dan dengan memainkannya sambil berkeliling dari blok ke blok hingga sampai ke ujung desa di tempat tersebut.

https://www.poetoechikals.com
Nah para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada, dari sekian banyaknya blok di desa tersebut, baik itu Dusun dan Rt maupun Rw, mereka semua memang komplit membawa peralatan alat musik campursari itu,  dan tidak pernah lupa juga dengan  alat musik khas yang satu itu, sebuah Alat Musik Tradisional Gamelan Mini Saron Doremi, karena selain bisa di gunakan sebagai pengiring lagu, alat musik tersebut bisa juga digunakan sebagai pengganti vokal atau melodi, yah Gamelan Mini Saron Doremi khas Cirebon memang di gunakan sebagai pelengkap dari alat-alat musik ala kadarnya atau alat musik campursari.

Para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, memang dari tahun ke tahun di setiap Bulan Ramadhan itu pun tiba, dan di setiap sebelum waktu mau sahur, warga memang sengaja berbondong-bondong mulai dari ujung, sampai ke ujung desa, dengan memainkan alat musik tersebut, yang bertujuan untuk membangunkan warga masyarakat di desa setempat untuk melakukan Sahur, dan mungkin pada kenyataannya sekarang kegiatan tersebut bisa di katakan telah menjadi tradisi yang rutin di desa Kondangsari tersebut di setiap saat bulan Ramadhan itu tiba.


Nah pera pembaca yang Budiman, jadi jangan pernah Anda heran jika tak sengaja Anda lewat melintas di wilayah kami ini, Anda melihat warga berkeliling memainkan alat-alat musik tersebut, dan kiranya juga demikian ulasan singkat saya kali ini, tentang kegiatan Warga masyarakat yang ada di Desa. Kondangsari di saat menyambut atau menjalani rutinitas di Bulan Suci Ramadan, semoga ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan motivasi atau inspirasi untuk para pembaca sekalian tentang kegiatan serta aktivitas warga masyarakat desa kondangsari. Dan insya Allah di kesempatan selanjutnya saya akan kembali dengan ulasan-ulasan berikutnya...

Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia 

Saron

Gamelan

Mini

Saron