Poetoe

Sejarah Dan Perjalanan Poetoechikals Dalam Meraih cita-cita

https://www.poetoechikals.com
Sejarah Dan Perjalanan Poetoechikals Dalam Meraih cita-cita 
Poetochikals.com - para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak atas kesediaan Anda meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs  poetoechikals.com ini, dan baiklah di kesempatan kali ini saya akan mengulas semua dengan berikut penjelasan tentang pembahasan yang akan saya ulas tentang siapa itu poetoechikals dan apa tujuan poetoechikals.com itu sendiri di buat, namun sebelum itu, sebelum saya mulai mengulas tentang semua pembahasan apa dan siapa poetoechikals atau poetoechikals.com itu di buat, pertama-tama :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
Salam Budaya Indonesia untuk seluruh sahabat Dumai dan para senior Bloggers di mana pun berada.

****
Mengulas tentang kata nama atau siapa poetoechikals :
Sebenarnya poetoechikals itu adalah dua kata yang saya rangkai atau saya gabung dari kata yang berasal dari dua kata bahasa daerah, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Sunda. Poetoe yang di baca putu yang artinya adalah cucu sedang Chikals di baca cikal yang artinya pertama
Dan jika dua kata tersebut di gabungkan seperti poetoechikals mengandung arti cucu pertama. Begitulah arti sebenarnya dari kata Poetoechikals.

Dan kata poetoechikals tersebut juga saya gunakan untuk sebuah nama akun email serta akun Facebook saya pada tahun 2011.

Pada  saat itu saya pribadi membuat akun Facebook dengan menggunakan kata atau nama tersebut, dari Nama Poetoechikals berasal dari dua bahasa yaitu, Jawa dan Sunda.


https://www.poetoechikals.com

Nah dari dua kata yang telah saya gabung tersebutlah, yang akhirnya menjadi sebuah nama poetoechikals. Dan nama tersebut saya gunakan untuk sebuah akun pertama di Dumai.

Dan penjelasan soal penulisan nama Poetoe Chikals
Penulisan kata Poetoe saya pribadi hanya iseng-iseng mengikuti cara penulisan Tempoe Doeloe dan penulisan kata Chikals, saya pribadi juga hanya sekedar mengikuti perkembangan jaman, yang semakin hari semakin banyak saja kata-kata yang berbau ke’Bule-bule'an (English).

Dan kalau arti dari kata atau nama Poetoechikals itu sendiri adalah Cucu Pertama.
Karna memang saya sendiri adalah cucu pertama dari keluarga besar saya.

****
PC SARON sebenarnya hanyalah kepanjangan dari Nama poetoechikals saron. Nama tersebut saya gunakan untuk sebuah halaman Facebook.  Dan penjelasannya berikut ini.

PC SARON adalah nama sebuah halaman Facebook saya, dari nama Poetoechikals Saron yang saya singkat menjadi PC SARON atau lebih pendeknya lagi **PCS** dan untuk Asal usul PC saron atau PCS. Yaitu...


https://www.poetoechikals.com
Poetoechikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, sebelumnya maaf☺kalau saya curhat sedikit, sejujurnya saya akui, saya memang tidak pernah mengerti apa dan bagaimana caranya menggunakan atau memanfaatkan kata “Internet dalam genggaman” apalagi saya memang sangat hijau dalam dunia internet. Namun entah berawal dari mana sedikit demi sedikit dengan seiring berjalannya waktu, akhirnya saya juga mulai mengerti, dan saya juga masih ingat dengan kalimat yang pernah saya dapatkan dari seorang atasan saya saat masih bekerja dulu, inilah kalimat tersebut “BELAJAR DARI WAKTU” dan masih saya ingat sampai saat ini.


poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Sedikit tentang diri pribadi saya, saya (poetoechikals) bekerja sebagai buruh kuli Pengrajin mainan alat musik tradisional industri rumahan yang berasal dari kota Cirebon, yang sehari-hari mainan alat musik tradisional tersebut, kami sebut dengan nama “Kening” dan kalau dalam bahasa Indonesia itu adalah “Saron” atau bahasa umumnya itu Gamelan Mini Saron. Kening yang kami produksi tersebut adalah Sebuah alat musik instrumen hasil  karya kreativitas kerajinan tangan dari para pengrajin yang berasal dari daerah kota Cirebon tepatnya di wilayah kecamatan Beber Desa. Kondangsari Dusun Pon Rt. 13/ Rw. 04, Dan selain untuk tetap bisa mempertahankan serta melestarikan warisan budaya yang telah di wariskan oleh para sesepuh Pengrajin, memang pada kenyataannya sebagian besar warga masyarakat di daerah tersebut yang merupakan dari  pada pengrajin Gamelan Mini Saron, memproduksi mainan alat musik tradisional tersebut juga merupakan mata pencaharian mereka untuk memenuhi segala kebutuhan ekonomi masyarakat di daerah tersebut.



***Lanjutkan...
Dan dari halaman Facebook pulalah saya membuat akun dengan nama “Pc Saron. Dan tujuan daripada akun Pc Saron tersebut saya buat adalah untuk pertama kalinya saya mencoba untuk memperkenalkan hasil karya kreativitas kerajinan tangan yang berasal dari daerah kota kami ini.

Dan seperti yang telah saya sampaikan di atas tadi, di sini peran saya pribadi (poetoechikals) adalah seorang pekerja sebagai buruh kuli Pengrajin mainan alat musik tradisional khas Cirebon, yang mempunyai tekad, keinginan dan mimpi yang begitu sangat tinggi agar bisa dan mampu memperkenalkan serta Melestarikan Kebudayaan hasil dari pada generasi anak bangsa Indonesia khususnya di bidang Kesenian Alat Musik Tradisional Jawa dan sekaligus bisa memasarkan hasil  karya kreativitas kerajinan tangan kami ini ke seluruh pelosok di wilayah penjuru dunia.

**** Berawal dari akun halaman Facebook dengan nama akun halaman PC SARON, saya (poetoechikals) mulai melangkah perlahan tapi pasti, sedikit demi sedikit saya berikan penjelasan tentang asal-usul produk hasil  karya kreativitas kerajinan tangan kami kepada dunia.

Tidak cuma dengan akun halaman, saya juga melangkah terus dengan membuat Channel di akun Youtube dengan nama Channelnya “poetoechikals” Dari situ saya juga mulai mengupload satu persatu video-video yang berisikan tentang semua kegiatan dan juga proses dari pada tata cara pembuatan  Gamelan Mini Saron yang berasal dari kota Cirebon.

Nah mulai dari halaman Facebook dan Channel Youtube langkah saya (poetoechikals) mulai sedikit demi sedikit merayap untuk memperkenalkan dan sekaligus memasarkan produk kerajinan tangan asal kota Cirebon ini dengan nama **POETOECHIKALS**

Penjelasan :
Maaf sebelumnya, para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, yang perlu di garis bawahi dan saya luruskan dulu di sini adalah peran dari pada nama poetoechikals di sini, hanya sebagai tanda pengenal saya pribadi atas produk yang saya produksi dengan tangan saya sendiri, dan di sini semua para pengrajin juga dapat memproduksi dan bebas menamakan hasil produksi tersebut sesuai dengan yang mereka inginkan, karena di sini produksi gamelan mini saron merupakan salah satu industri rumahan, yang siapa pun dapat memproduksi dan memberikan nama atas karya-karyanya tersebut.


https://www.poetoechikals.com
Poetoechikals.com - para pembaca sekalian, di sini atas dengan nama poetoechikals, saya pribadi yang benar-benar ingin saya perkenalkan kepada dunia adalah hasil daripada kreativitas kerajinan tangan dari para pengrajin kota asal kami yaitu sebuah mainan Alat Musik Tradisional Gamelan Mini Saron atau Kening yang mempunyai Laras Nada DOREMI. Nada patokan Utama untuk Gamelan Mini Saron atau biasa sehari-harinya kami menyebut dengan nama “KENING” (mainan alat musik tradisional hasil kreativitas kerajinan tangan) bahwa memang pada kenyataannya sebagian masyarakat di daerah kami ini merupakan pengrajin industri rumahan dari pada mainan alat musik tradisional tersebut. 

*** Lanjutkan...
BAB III : next on...

Poetochikals.com - Para pembaca yang Budiman di mana pun Anda berada saat ini, Katanya kurang minum air putih itu akan mengakibatkan pada diri kita menjadi kurang Fokus !!!.. Betoel ?!!...

Dan katanya para pembaca
Jika kita malas membaca akan bisa menyebabkan pada diri kita sendiri menjadi kurang ilmu pengetahuan lho !!!... Benarkah ?!!...

Jadi sekarang apa Anda juga telah setuju dengan kedua pepatah pendapat tersebut ?!!...


poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Dan satu lagi nih, Apa yang menyebabkan kita sebagai pembaca malas membaca artikel yang panjang karena terlalu banyak kalimatnya ?!!...
Ada yang tau jawabannya ?!!!...
Kalau ada yang tau, silahkan komentar artikel ini di kolom komentar yah...

Kalau tidak ada yang tau, itu akan saya ulas di artikel selanjutnya...
*****

Oke, di lanjut kembali ke topik awal...
Next On...


Jika pertanyaannya adalah :
Apa itu ?!!... POETOECHIKALS.COM
Jawaban Sekaligus Penjelasannya sebagai berikut :


poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Poetoechikals.com adalah Blog atau situs website yang saya buat dengan sangat penuh keseriusan, dengan bertujuan sebagai media penyediaan informasi tentang sebuah kegiatan serta perkembangan dari pada produk-produk hasil karya kreativitas kerajinan tangan dari dari para generasi dan juga para pengrajin gamelan mini (saron) industri rumahan yang berasal dari daerah yang berasal dari kota Cirebon, dan selain itu tujuan dari pada poetoechikals.com itu sendiri di buat, yaitu untuk memperkenalkan kepada dunia sekaligus memasarkan hasil karya kreativitas kerajinan tangan dari para pengrajin alat musik tradisional asal kota Cirebon tersebut.

Dan dengan melalui blog atau situs website yang saya buat ini, juga bertujuan agar supaya kami sebagai generasi penerus bisa tetap menjaga dan terus Melestarikan Budaya Seni Indonesia, khususnya dalam bidang kesenian alat musik tradisional, di sini saya pribadi (poetoechikals) selaku pemilik dan juga pengelola Blog atau Website poetoechikals.com sangat berharap bisa membawa dan memperkenalkan sekaligus memasarkan produk hasil daripada karya kreativitas kerajinan tangan industri rumahan asal kota Cirebon ke seluruh pelosok wilayah di penjuru Dunia.

Memberikan informasi seputar produk-produk kami agar dapat membantu para penjual offline juga terhadap pemasarannya, yang telah mencakup keseluruh pelosok daerah dari Sabang sampai Merauke.

Dan lewat situs website atau blog ini, saya pribadi (poetoechikals) juga mempunyai keinginan dan mimpi untuk bisa dan dapat merangkul serta mengajak seluruh generasi penerus bangsa agar tetap bisa mencintai dan menghargai hasil karya sendiri serta menjaga dan tetap terus Melestarikan Kebudayaan yang sudah ada agar tidak tenggelam atau punah karena ketatnya persaingan di dalam perkembangan jaman yang semakin canggih ini.

Dan disini Saya pribadi (poetoechikals) juga akan selalu memberikan serta berbagi informasi cerita tentang perkembangan dari keseharian dan kegiatan daripada para pengrajin gamelan mini saron, serta produk-produk terbaru kami, dan kepada pecinta serta peminat, dan juga para pemasar offline kami, saya pribadi  atas nama (poetoechikals) dan seluruh generasi dari para pengrajin berharap agar supaya kelak hasil karya kreativitas kami dapat di terima dan di respon dengan baik dan positif oleh para pecinta seni, khususnya para pecinta kesenian alat musik tradisional di seluruh pelosok wilayah di penjuru dunia, Amien.😊

Dan atas nama POETOECHIKALS.COM

• Saya pribadi (poetoechikals) mengakui, bahwasanya poetoechikals masih perlu banyak belajar dan bimbingan lagi, karena itu saya pribadi atas nama (poetoechikals) meminta maaf, jika benar adanya kata-kata atau kalimat-kalimat yang kurang berkenan untuk para pembaca sekalian. Dan dengan ketulusan saya meminta maaf bila mana masih ada rangkaian kalimat yang telah saya rangkai ini masih banyak kekurangannya.

• Karena itu saya pribadi atas nama (poetoechikals) memang masih sangatlah pemula sekali dalam bidang per blogger'an atau di dunia internet ini.
• Maka dari itu SARAN beserta KRITIK sangatlah PENTING di butuhkan oleh saya pribadi untuk perbaikan kedepannya.

Dan sekiranya sekian ulasan dan penjelasan tentang poetoechikals.com yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, dan kurang lebihnya saya minta maaf, dan akhir kata saya ucapkan Wa'salamu Alaikum Wr. Wb.

Terima Kasih.
Salam Budaya Indonesia
By : PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon.
Serta Mengembangkan Bakat dan Hobi Berkreativitas di bidang Kesenian Alat Musik Tradisional.

Kontak :
WhatsApp : +62 823 2132 1033
Email : poetoechikals@gmail.com

Saron

Gamelan

Mini

Saron