PROSES Tata Cara atau Langkah dan Tahap Tahap Pengerjan dalam Pembuatan Bilah Saron New Gamelan Mini Stainless Chrome

  • Tutorial New Gamelan Mini (saron) Stainless Chrome
https://www.poetoechikals.com
Assalamualaikum Wr WB.
Poetoechikals.com - halo para pembaca yang budiman, terima kasih atas kunjungannya, dan di kesempatan kali ini, poetoechikals.com akan memberikan ulasan tentang tata cara pembuatan gamelan mini saron. Dan semoga saja ulasan yang saya tuliskan ini dapat memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat bagi anda, Amien...

Dan berikut ini adalah ulasan dari proses pembuatan gamelan mini saron yang bernada DOREMI...


****
Tata cara atau Langkah dan tahap-tahap proses pengerjaan dalam pembuatan Bilah SARON New Gamelan Mini Stainless Chrome.

https://www.poetoechikals.com
*** Berikut Langkah-langkah Proses Pengerjaannya...

1. Langkah Pertama adalah :
Terlebih dahulu kita harus menyiapkan bahan yang diperlukan, yaitu Plat besi lembaran secukupnya...
(bahan terserah mau pakai Plat hitam atau Plat kuningan, terserah dengan keinginan dan selera Anda).

Dan masalah ketebalan plat juga terserah dengan keinginan Anda, namun disini Saya coba pakai ketebalan besi plat 2,3 mili saja ya...

2. Langkah ke-Dua Membuat Ukuran Kerucut :
Dalam pengukuran untuk sebuah kerucut Gamelan Mini SARON, kita harus benar-benar memastikan berapakah kerucut yang akan kita buat dan ukur, yang pastinya sesuai dengan bahan yang tersedia misalkan panjang dan lebarnya. Dan jangan sampai kita asal dalam membuat ukuran kerucut. Contoh kita pakai ukuran yang ini saja OK !!...

• Panjang : 56cm x Lebar (12cm x 20cm) untuk Kerucut.
https://www.poetoechikals.com
3. Langkah ke-Tiga yaitu Pemotongan Untuk Membuat Kerucut :

Setelah memastikan ukuran pada bahan yang telah Anda ukur itu benar serta pas, Anda tinggal melakukan pemotongan bahan sesuai ukuran yang telah Anda ukur, dan nanti hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, yang berupa Kerucut.
https://www.poetoechikals.com
4. Langkah ke-Empat adalah pengukuran untuk pembagian lebar Bilah-bilahnya :

Di tahap ini, Anda bisa membuat kelebaran bilah-bilahnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda, namun kalau menurut saya, jika Anda ingin mengukur kelebaran, sesuaikanlah dengan ketebalan yang di miliki plat tersebut.

Oke karena kita memakai Besi Plat dgn ketebalan 2,3mili seperti yang telah di sebutkan di atas, jadi kita ukur kelebaran Bilah Nada 4cm saja yah. Nah silahkan Anda ukur dulu kelebaran bilah-bilahnya, setelah selesai mengukur bilah, Anda tinggal memotongnya sesuai dengan ukuran tersebut.

Untuk lebih jelasnya silahkan klik video di bawah ini :
Untuk melihat proses pemotongan bilah saron :

5. Langkah Ke-Lima itu pelubangan pada bilah nada :

Proses pelubangan tersebut adalah membuat lubang pada bilah saron yang nantinya di pakai untuk memasang bilah-bilah tersebut pada Ranca atau Kerangka bilah Nada, kalau disini di sebut KEROMPONG. Dan hati-hati dalam melubangi bilahnya, agar nanti hasilnya rapih dan pas sesuai rancanya/kerangka bilahnya jika di pasangkan.

6. Langkah yang ke-Enam yaitu pencarian Laras nada :

Di tahap ini, tahap pencarian laras nada pada bilah-bilah nada saron, tidak semudah yang kita lihat di video tersebut, di jelaskan di sini bahwa kami masih memakai cara manual.
Setelah Anda selesai melubangi bilah nada tersebut, sangatlah perlu bilah tersebut di Laras atau di cari nada, agar mempunyai irama. terserah dengan keinginan Anda, bilah tersebut mau dilaras dengan nada apa, namun yang di pakai dalam contoh videonya tersebut adalah nada utama yang kami pakai yaitu Doremi dan video tersebut adalah cara manual kami dalam melaras bilah-bilah Saron Gamelan Mini.

7. Yang ke-tujuh adalah proses penyempurnaan

Setelah bilah-bilah tersebut dilaras nadanya sesuai dengan yang kita inginkan, bilah-bilah tersebut tinggal melalui proses penyempurnaan dengan cara pembakaran. Tujuan dari pada pembakaran bilah-bilah nada tersebut adalah untuk mencari dengungan (echo) agar suara bilah-bilah nada tersebut lebih nyaring, dan untuk waktu yang di perlukan sekitar kurang lebihnya 1/2 jam untuk 1unit ukuran JUMBO. Namun bisa jadi lebih, kalau memang gamelan mini saron lebih dari 1unit.

Oya tapi awas hati-hati, dalam proses pembakarannya jangan sampai oper, atau melebihi dari cukup yah, soalnya nanti hasilnya bisa jadi akan lebih mengurangi kualitas nya.
Silahkan klik link video di bawah ini :

 8. Yang ke-Delapan, adalah proses terakhir atau finishing :

Setelah melewati proses penyempurnaan Nada, silahkan di tes suaranya, Setelah di tes hasil suara semakin oke, barulah ke tahap langkah paling akhir dari pengerjaan bilah-bilah Saron yaitu pengecatan bilah saron tersebut, di sini pengecatan bilah tersebut, kami menggunakan stainless chrome.

Tujuannya dan Penjelasannya :
  • Untuk menghilangkan KETAJAMAN yang ada pada bilah-bilah nada bekas potongan-potongannya.
  • Tidak terlalu mengurangi kenyaringan suara bilah, asalkan dalam proses pengerjaan untuk pengecatan bilah tidak kasar.
  • Dan dengan Stainless Chrome penampilan semakin berkualitas di jaminkan sampai 5tahun kedepan.

Dan berikut ini adalah Video Prosesnya dari awal hingga selesai, silahkan di klik saja, atau ingin lebih banyak lagi melihat-lihat video kami silahkan kunjungi Channel YouTube “POETOE CHIKAL” dan jangan lupa untuk SUBSCRIBE gratis, terus Like Share dan Comment Videonya juga. Oke...

Nah itulah semua ulasan tentang bagaimana Langkah dan tahap-tahap tata cara proses pembuatan atau pengerjan New Gamelan Mini SARON Stainless Chrome yang berbahan Plat Hitam. Nah setelah semua proses tersebut selesai, bilah Saron siap untuk dipasang di kerangka atau Ranca dan dimainkan seperti Video di bawah :

Sekian dulu ulasan dari Kami, semoga dapat bermanfaat.
Dan insya Allah kami lanjut lagi dengan ulasan-ulasan selanjutnya di lain kesempatan...

*** SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING BAGI SAYA UNTUK PERBAIKAN KEDEPANNYA.


Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia
by : PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional Khas Cirebon
Serta Mengembangkan bakat dan hobi berkreativitas di dalam Seni Alat Musik Tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel