Poetoe

Experimen Plat Kuningan Saron Jumbo 16 Bilah - Produk Terbaru

Inilah Cerita Awal bagaimana kami membuat Gamelan Mini Saron Jumbo 16 Bilah Nada Doremi dari Besi Plat Kuningan 5mili
https://www.poetoechikals.com
Dengan Memiliki Ukuran sebagai berikut :
1. Memiliki Ukuran Kerucut 13 ke 31cm
2. Memiliki panjang kerucut 90cm
3. Memiliki ketebalan Bilah 5mili
4. Dan memiliki kelebaran masing-masing Bilah 5cm

Halo para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, terima kasih banyak atas kesediaan anda sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung ke situs poetoechikals.com, di mana situs tersebut mengulas tentang semua kegiatan dari pada perkembangan produk-produk dari gamelan mini saron, dan di kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang sebuah produk terbaru lagi dari kami, produk tersebut adalah hasil dari pada eksperimen kami yang terinspirasi saat mengerjakan paket bilah saron berbahan plat Kuningan dengan ketebalan 1,8mili.
Baiklah para pembaca yang budiman di mana pun anda berada, berikut adalah ulasannya:

Berawal dari sebuah kiriman paket yang berisi bilah saron yang berbahan plat kuningan dengan ketebalan 1,8mili, yang terdiri 16 bilah dengan ukuran kelebaran bilah rata-rata 4cm, dan kiriman tersebut berasal dari kota Yogyakarta dengan nama pengirimnya Bpk. Sardi Beib. Yang sebelumnya pengirim telah menghubungi kami melalui contacts WhatsApp.
https://www.poetoechikals.com
Tujuan beliau mengirimkan paket yang berisi bilah saron tersebut adalah meminta kami di sini para generasi penerus pengrajin Gamelan Mini Saron untuk melaraskan bilah saron tersebut, bilah saron tersebut terdiri dari 1set yang berisi 16 bilah dan minta di laras nada Doremi, Suatu kehormatan bagi kami atas kepercayaannya, dan kami pun langsung merespon serta menerima permintaan beliau untuk melaraskan bilah saron tersebut, dan beliau juga berpesan kepada kami di sini, bahwa bilah saron tersebut mohon untuk segera di kerjakan, sebab bilah saron tersebut akan segera di pakai atau di gunakan untuk suatu acara dalam pagelaran pentas seni yang akan beliau adakan...

Oya perlu  di ketahui para pembaca yang Budiman, bahwa beliau ini (pemilik bilah saron) tersebut adalah pemilik sanggar topeng koran di kota Yogyakarta.
https://www.poetoechikals.com
Nah singkat cerita, setelah akhirnya kami selesai melaras bilah saron tersebut dengan nada sesuai permintaan yaitu NADA DOREMI, saya tergoda, tertarik serta terinspirasi akan hasil kualitas suara yang di miliki oleh bilah saron tersebut, dari kualitas suaranya yang memiliki suara yang khas hingga membuat kami akhirnya memutuskan untuk bereksperimen membuat gamelan mini saron dengan plat kuningan tersebut. Namun sebelum itu, dan berikut adalah video kiriman dari beliau.


Para pembaca yang budiman, setelah bilah saron tersebut selesai dan telah kami kirimkan kembali kepada beliau, besoknya saya langsung ke toko material untuk mencari bahan plat kuningan tersebut, dan sesampainya di toko tersebut, stok yang tersedia tinggal plat kuningan dengan ketebalan 5mili, dengan ukuran 40cm×46cm dan telah di bandrol dengan harga yang begitu wow...

Namun karena memang sudah niat serta demi eksperimen tersebut, tanpa pikir lagi saya langsung membayarnya kes, dan sesampainya di rumah plat kuningan dengan ukuran 40×46cm tersebut langsung saya garap, dari mulai mengukur dan membagi hingga memotong plat tersebut hingga di akhir hasil plat dengan ukuran tersebut, menjadi 16 bilah saron yang dengan kelebaran bilah rata-rata 5cm. Dan menjadi ukuran kerucut sepanjang 90cm dan lebar 13cm ke 31cm, seperti pada gambar berikut ini.
Setelah semua pengukuran sekaligus pengerjaannya, sampailah kepada puncak akhir yaitu pelarasan nada pada bilah saron tersebut hati saya pun sudah tak sabar untuk menunggu hasil dari pada kualitas suaranya, akankah hasil suara tersebut sesuai dengan bahan dan harganya, berikut ini adalah video yang telah saya upload di channel YouTube ketika proses pelarasan nada bilah saron kuningan tersebut :
Nah bagaimana para pembaca yang budiman, hasil kualitas suaranya... Menurut pendapat anda sekalian, kualitas suaranya sesuaikah dengan harganya... Berikut ini adalah hasil dari eksperimen kami membuat Gamelan Mini Saron berbahan Plat Kuningan setelah melalui finishing.

Oya para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada saat ini, bagi anda para pembaca yang juga ingin mengikuti jejak kami dalam bereksperimen untuk membuat bilah saron dengan plat kuningan tersebut, berikut ini adalah keterangan untuk ukuran atau rincian detail bilah saron tersebut.



  1. Untuk ukuran keseluruhan dari bahan plat kuningan tersebut ialah 40×46cm, itu ukuran yang kami dapat dari sebuah toko material di sini karena stok memang itu yang ada, barang kali di tempat anda tersedia lebih banyak ukuran, carilah ukuran yang secukupnya saja, oke...
  2. Untuk ukuran 40×46 yang saya dapatkan dari toko tersebut, saya Menjadi ukuran bahan tersebut menjadi bilah saron sebanyak 16 bilah nada, dengan memiliki kelebaran bilah rata-rata 5cm
  3. Dan dengan ukuran bahan 40×46cm, kami juga menjadikan bahan tersebut Untuk Ukuran kerucut nya menjadi sepanjang kerucut 90cm dan selebar Kerucut 31xm × 13cm.
  4. Dan untuk kelebaran masing-masing bilah saron tersebut kami 5cm/bilah dan ketebalan telah di jelaskan sebelumnya, bahwa plat kuningan tersebut memiliki ketebalan 5mili.
  5. Dari ukuran tersebut, Gamelan Mini Saron Plat Kuningan Tersebut termasuk ke dalam Bilah  kategori JUMBO.



Para pembaca yang budiman di mana pun Anda berada, New Gamelan Mini Saron Jumbo 16 bilah nada tersebut juga adalah produk terbaru dari kami hasil dari pada eksperimen tersebut, dan untuk hasil kualitas suara yang di miliki sangat sesuai dengan harganya.

Dan untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak kepada beliau, atas kepercayaannya terhadap kami di sini para generasi penerus dari pengrajin Gamelan Mini Saron, berkat kepercayaan yang di berikannya menjadikan inspirasi dan juga motivasi untuk kedepannya. Dan sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak.

Demikian ulasan untuk kesempatan kali ini, semoga ulasan tersebut dapat menginspirasi para pembaca sekalian, kurang lebihnya saya mohon maaf, dan Insya Allah di lain kesempatan kami akan sambung kembali dengan ulasan-ulasan berikutnya...

Dan bagi anda para pembaca sekalian yang ingin memesan, silahkan untuk menghubungi kontak yang telah kami sediakan di situs ini, dan kami juga menyediakan pilihan Nada yaitu :

1. DOREMI
2. PELOG
3. SALENDRO
4. DOREMI + NADA SETENGAH


SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING UNTUK PERBAIKAN KEDEPANNYA.

Terima kasih.

Salam Budaya Indonesia
By. PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon, serta mengembangkan bakat dan hobi berkreativitas di dalam dunia seni alat musik tradisional.

Saron

Gamelan

Mini

Saron