Gamelan Mini (saron) - Daur Ulang Sampah Rumah Tangga Menjadi Sebuah Karya Seni Edukasi dan Nilai Tambah Ekonomi : Pemanfaatan Limbah

Poetoechikals.com - Dengan Hanya Mendaur Ulang Sampah Rumah Tangga, Mampu Menghasilkan atau Menjadikannya Sebuah Karya Seni Edukasi dan Nilai Tambah Ekonomi.
https://www.poetoechikals.com
Karya Seni Bisa Kita Wujudkan dan Ciptakan dengan berbagai cara atau pun dengan bahan-bahan apa saja, sekalipun itu harus dari limbah !!!..

Mari kita ciptakan dan lahirkan kembali karya-karya baru melalui kreativitas Seni dari Bakat dan hobi yang kita miliki, dan seperti gambar di bawah ini.
https:/www.poetoechikals.com

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai para pembaca yang Budiman, di kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang sebuah hasil karya seni kreativitas dari kerajinan tangan asal Yogyakarta yaitu “SANGGAR TOPENG KORAN” yang mungkin bisa untuk kita jadikan motivasi dalam karya kreativitas atau bakat serta hobi yang kita miliki untuk berkarya dalam dunia seni.

Di sini, seperti yang pernah saya sampaikan di artikel sebelumnya “DUNIA TAK SELEBAR DAUN KELOR” bahwa memang di negara kita, Negara Indonesia ini sangat kaya akan ragam Seni dan Budaya, di sebabkan oleh banyaknya hasil karya-karya anak bangsa, yang bukan cuma di bidang Kesenian Alat Musik Tradisional seperti Gamelan Mini Saron, namun karya-karya lainnya pun juga banyak...

Nah salah satunya adalah SANGGAR TOPENG KORAN asal kota Yogyakarta, yang akan saya ulas di kesempatan kali ini, berdasarkan sumber informasi langsung dari pemilik dan pendiri sanggar tersebut, yaitu Bapak. Sardiman atau biasa sehari-harinya di panggil akrab Bapak Sardi Beib, dan alhamdulillah Beliau juga telah memberikan ijin, untuk saya mengulas sedikit tentang keberhasilannya di dalam karya seni kreativitas.

Di sini saya pribadi, memang bukanlah seorang reporter atau pun wartawan yang ingin meliput tentang Beliau. Saya tetap poetoechikals sang Pengrajin Gamelan Mini Saron !!

Dan apa tujuan saya mengulas “SANGGAR TOPENG KORAN”...

Di sini saya perjelas tujuan utama saya, adalah lebih ke untuk memberikan informasi tentang semua karya-karya hasil daripada kreativitas anak-anak bangsa di negara kita ini, bahwa memang masih banyak sekali hasil karya kreativitas kerajinan tangan yang patut untuk di contoh oleh kita sebagai generasi penerus.

Dan mestinya sebagai generasi penerus, kita memang di wajibkan harus bisa menjaga, serta mengembangkan dan melestarikannya, atas karya-karya yang telah tercipta... (harusnya setuju) ?!!...

***Sekaligus Informasi juga, untuk anda yang ingin berkunjung ke tempat beliau, dan melihat langsung hasil dari karya-karya seninya, Anda bisa langsung ke alamat yang ada di bawah ini. Terima kasih.

Lanjut...

***SANGGAR TOPENG KORAN” berdiri sejak 19 Oktober 2011 di Kampung Tegal kemuning, Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta. SANGGAR TOPENG KORAN tersebut telah di dirikan dan di bangun oleh seseorang yang Bernama Bapak Sardiman atau lebih akrab sehari-harinya di panggil Sardi Beib.
https:/www.poetoechikals.com
Beliau adalah pendiri sekaligus pengelola Sanggar tersebut, dan jika Anda bertanya Apa itu Sanggar Topeng Koran ?!!...

"SANGGAR TOPENG KORAN" tersebut adalah sebuah perkumpulan atau lingkungan yang bisa di bilang juga kelompok, yang telah di dirikan dan di bangun oleh Beliau untuk mengembangkan serta melestarikan hasil dari karya kreativitas Seninya, dan Sanggar topeng koran  tersebut yang juga termasuk dalam kategori hasil kreativitas karya Seni dari kerajinan tangan, yang dengan hanya memanfaatkan limbah dari sampah rumah tangga atau jelasnya limbah kertas koran yang di sulap oleh kekreatifan beliau menjadi sebuah karya seni, berupa sebuah TOPENG yang memiliki khas.

Dan SANGGAR TOPENG KORAN itu sendiri, juga telah banyak memikat para wartawan ataupun para reporter TV di wilayah tersebut, sehingga SANGGAR TOPENG KORAN beliau pun kini sudah begitu ternama...
https:/www.poetoechikals.com
Sumber : Bapak Sardi Beib pendiri SANGGAR TOPENG KORAN
*****
Dan di sini, saya begitu sangat berantusias sekali ingin merangkul dan mengajak kepada para pembaca yang Budiman, apa pun hasil karya kreativitas yang kita miliki, marilah untuk bersama-sama mewujudkan dan menciptakannya serta memperkenalkannya kepada dunia serta generasi muda, dan menanamkan kembali kepada putra-putri generasi bangsa, agar mereka mau mengenal dan menjaga, serta mempelajari agar terus dapat melestarikan hasil dari pada kreativitas karya-karya dalam sebuah seni.

Seperti yang di praktekkan langsung oleh bapak Sardiman/Sadri Beib di sanggar topeng koran tersebut, apa yang di lakukan oleh beliau adalah salah satu contoh teladan yang patut kita dukung, dan kita pelajari serta kita ikuti jejaknya... walaupun hanya dengan sekedar limbah dari sampah rumah tangga, seperti koran-koran bekas, namun beliau bisa menyulapnya dengan mendaur ulang menjadi sebuah hasil karya seni.

Dan bukan cuma itu yang di lakukan oleh beliau, dengan hasil karyanya, beliau juga memperkenalkan serta mengajarkan hasil dari karya kreativitas tersebut kepada anak-anak didik penerus generasi, dengan bertujuan menumbuhkan kembali kepada mereka sebagai anak-anak didik penerus generasi agar mempunyai keinginan untuk berkreativitas dalam jiwa seni mereka, agar supaya timbul keinginannya untuk berkarya, sehingga dapat melahirkan kembali karya baru untuk Indonesia.
https:/www.poetoechikals.com
***Nah kesimpulannya di sini adalah, bahwa saya ingin mengajak dan merangkul seluruh pecinta karya seni di manapun berada, mari kita bersatu untuk menanamkan kembali kepada generasi penerus anak-anak didik, agar mereka mau kembali mengenal dan mencintai serta mempelajari hasil dari pada karya-karya seni anak Indonesia.

Dan mari kita wujudkan bakat serta hobi berkreativitas di dalam dunia seni, dengan memanfaatkan limbah-limbah menjadi sebuah hasil karya kreativitas kita.

Dan ini adalah sebuah bukti, bahwasanya limbah masih bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan sebuah karya seni, hanya dengan bakat dan hobi yang kita miliki, mampu menghasilkan karya seni, dan dapat membantu menambah nilai ekonomi dalam kehidupan kita.

Seperti karya-karya di bawah ini, sebuah hasil karya seni yang telah di hasilkan hanya dengan memanfaatkan limbah-limbah yang memang sudah tidak layak pakai, atau sudah menjadi status sampah.

Namun demikian, dari pemanfaatan limbah tersebut, dapat menghasilkan sebuah karya seni, edukasi dan nilai tambah ekonomi.
Sumber : bapak Sardiman/Sardi Beib

***SANGGAR TOPENG KORAN ASAL YOGYAKARTA
https://www.poetoechikals.com
Sebuah hasil dari kreativitas kerajinan tangan di dalam Dunia Seni, dengan Bakat dan Hobi yang mampu menciptakan hasil sebuah karya seni, dengan hanya memanfaatkan bahan-bahan dari limbah-limbah yang sudah tidak terpakai lagi.
Deskripsi :
Bahan baku dari limbah koran bekas.
***

***GAMELAN MINI SARON KENING ASAL CIREBON
https:/www.poetoechikals.com

Sebuah hasil dari kreativitas kerajinan tangan di dalam Dunia Seni, dengan Bakat dan Hobi yang mampu menciptakan hasil sebuah karya seni, dengan hanya memanfaatkan bahan-bahan limbah-limbah yang sudah tidak di pakai kembali.
Deskripsi :
Dari bahan limbah drum bekas dan Sebitan kayu arbasiyah.

****
Sekian ulasan untuk kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan para pembaca  yang Budiman, dan...
Terima kasih banyak saya ucapkan kepada Beliau, bapak Sardiman (Sardi Beib) yang mana telah memberikan ijinnya, Kepada saya untuk mengulas tentang hasil karya seninya.

****
SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING BAGI SAYA UNTUK PERBAIKAN DAN PENGETAHUAN KEDEPANNYA.

Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia
By. PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon, serta Mengembangkan Bakat dan Hobi Berkreativitas di dalam Dunia Seni Alat Musik Tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel