Asal Usul Kening (SARON) Gamelan Mini - Sejarah

Tempoe Doeloe : KENING
( GAMELAN MINI SARON)
produk by. poetoechikals
Assalamualaikum Wr Wb.
poetoechikals.com - Halo para pembaca yang Budiman, terima kasih banyak atas kunjungan Anda di situs website kami ini, dan di kesempatan kali ini, kami akan mencoba mengulas kembali tentang asal usul gamelan mini saron atau yang sering kami sebut sehari-harinya di sini di area para pengrajin dengan sebutan Nama *KENING* (dalam artian bahasa daerah sunda)

  ***Kening atau gamelan mini saron, yang awalnya di produksi sebagai mainan alat musik tradisional untuk anak-anak itu adalah hasil kerajinan tangan dari para pengrajin Gamelan Mini saron asal Cirebon, tepatnya yaitu di wilayah :
Jln. Jenderal Sudirman
Desa. Kondangsari / Gang Djaed / Dusun Pon /RT 13 RW 04 / Kecamatan. Beber
Kabupaten Cirebon 45172 Jawa Barat Indonesia.
https://www.poetoechikals.com
Kening atau gamelan Mini SARON adalah merupakan hasil kerajinan tangan industri rumahan yang sudah diproduksi oleh para sesepuh dan orang tua kami sejak tahun 1980-an, dan Kening atau Gamelan Mini Saron yang di produksi oleh warga kami disini sudah di pasarkan oleh para pedagang dan pemasar offlineh hampir ke pelosok wilayah di Indonesia, yaitu dari Sabang sampai Merauke.
https://www.poetoechikals.com
Gambar
https://www.poetoechikals.com
https://www.poetoechikals.com
Gambar
https://www.poetoechikals.com
Dan Kening atau Gamelan Mini SARON itu
Adalah sebuah mainan alat musik tradisional yang cara memainkannya dengan cara di pukul, berbahan baku besi dan kayu serta mempunyai Laras nada DOREMI untuk saat ini.

Menurut cerita Beliau (sesepuh) kami, pada masa nya *Kening atau Gamelan Mini SARON tersebut di produksi dan di buat dari bahan-bahan limbah seperti barang-barang rongsokan atau besi-besi tua.
poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Menurut cerita beliau, beliau membuat atau memproduksi kening tersebut, dengan memanfaatkan besi-besi rongsokan dan besi-besi tua seperti bekas pintu mobil, atau bekas kabin mobil.
poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Dengan peralatan ala kadarnya, beliau merubah barang-barang rongsokan tersebut menjadi sebuah mainan alat musik yang hanya dengan cara di pukul akan menghasilkan suara nada yang nyaring dan berirama.

Klik video di bawah ini :

Beliau juga bercerita, bahwa pada jamannya mainan alat musik tradisional tersebut juga memang memiliki Laras Nada, yaitu Laras nada Jawa, Pelog Salendro dan bukan Doremi.
Namun pada umumnya, untuk saat ini Nada dari Gamelan Mini Saron (Kening) Sekarang adalah Doremi, dan sudah banyak beredar melalui pemasaran atau penjualan offline ke seluruh pelosok wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Nada Doremi menjadi Nada Patokan Utama dan Nada Permanen kami di Gamelan Mini SARON atau Kening.
***Lanjutkan...

Dan menurut cerita beliau, pada jamannya cara mereka memproduksi atau membuat gamelan mini saron, peralatan pun masih sangat sederhana sekali, tidak seperti alat-alat pada jaman sekarang ini, yang banyak sekali pilihan dan model serta tersedia di toko-toko, tidak seperti pada jamannya dulu, (entah mungkin karena kurang kabar informasi atau kurang biaya bisa jadi, jelasnya kurang pergaulan dan pengetahuan), makanya cara beliau memotong-motong besi untuk bilah-bilah Nada tersebut, hanya cukup dengan pahat dan palu saja. Nah dapat di bayangkan tuh, satu set kening atau satu set SARON bisa selesai satu hari enggak ?!!.

Seiring berjalannya waktu, dan perkembangan jaman pun semakin canggih saja, dari generasi ke generasi pengrajin, kami pun terus tetap melestarikan dan mempertahankan keterampilannya dalam kerajinan tangan untuk tetap memproduksi Gamelan Mini SARON atau Kening.

Hingga inilah hasil sekarang dari Generasi tingkat Dua (Poetra) pengrajin Gamelan Mini SARON atau Kening sekarang, yang sudah banyak beredar juga di masyarakat Indonesia.

Masih tetap berbahan baku limbah besi dan sebitan kayu bekas, di tingkat Dua untuk saat ini bahan baku besi untuk bilah SARON kening adalah dari limbah Drum.
poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Namun bahan limbah tersebut hanya mampu untuk membuat dan memproduksi Gamelan Mini SARON atau kening ukuran mini. Karena dari tingkat ketebalan, limbah drum tersebut hanya memiliki ketebalan kurang lebihnya 1mili, dan itu sangat berpengaruh untuk hasil nada atau suara. Jadi limbah drum tersebut hanya mampu untuk membuat atau memproduksi gamelan mini SARON atau kening ukuran mini yaitu 10 Bilah dan 8 Bilah nada, dan sudah banyak beredar di pasaran.
poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Gambar tersebut, adalah Gamelan mini saron yang di produksi saat ini yang dari limbah-limbah drum dan sebitan kayu bekas...
poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Nah seperti gambar tersebut, itulah hasil kerajinan tangan dari para pengrajin gamelan mini saron atau Kening di era sekarang ini.(generasi tingkat Dua (poetra).

Kelebihan dari mainan alat musik Gamelan Mini SARON atau Kening tersebut yaitu, memiliki Laras Nada Doremi yang bisa di mainkan untuk lagu-lagu sekaligus bisa untuk Anda mengajarkan atau memperkenalkan Laras Nada kepada putra dan putri Anda.

Dan kekurangan nya, juga sudah pasti ada...
Kekurangannya itu adalah, masih adanya ketajaman dari paku-paku yang terpasang dan dari bekas potongan-potongan di sisi setiap bilah-bilah Nadanya.

Seiring berjalannya waktu, kini tiba giliran kami sebagai generasi penerus ketiga (poetoe) dari pengrajin  Gamelan Mini SARON atau kening untuk tetap bisa Menjaga dan Melestarikan Budaya Seni, Warisan dari Nenek Moyang kami, sekaligus memperkenalkan hasil daripada kreativitas kerajinan tangan kami, kepada dunia serta memasarkannya ke seluruh pelosok wilayah di penjuru Dunia.

Namun kami sebagai generasi penerus ketiga (poetoe) dari para pengrajin harus benar-benar memastikan dan terus mencari solusi, agar bisa menutup atau menghilangkan ketajaman, karena itu sangat penting, agar hasil kreativitas kerajinan tangan kami semakin sempurna dan berkualitas hingga dapat di respon dengan baik oleh para pecinta seni dan di terima di dunia alat musik tradisional.
poetoechikals
https://www.poetoechikals.com
Oleh karena itu, tunggu peluncuran hasil terbaru dari kami generasi ketiga poetoechikals pengrajin gamelan mini SARON atau kening asal Cirebon.

Sekian ulasan untuk kesempatan kali ini, kami lanjut di lain kesempatan...
Jangan Lupa :
KRITIK DAN SARAN PENTING BAGI KAMI UNTUK PERBAIKAN KEDEPANNYA.

Terima kasih.
Salam Budaya Indonesia
By. PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon
Serta Mengembangkan Bakat dan Hobi Berkreativitas di dalam Seni Alat Musik Tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel