Alat Musik Tradisional Jawa GAMELAN - Sejarah Gamelan

Poetoechikals.com - Mengulas Alat Musik Tradisional Asal  Jawa “GAMELAN
Hai para pembaca yang budiman, terima kasih atas kunjungan Anda di poetoechikals.com, dan di kesempatan kali ini poetoechikals.com akan mengulas tentang sebuah alat Musik Tradisional Gamelan atau sejarah gamelan Jawa yang telah di rangkum dari beberapa sumber yang ada, dan berikut ulasannya

Gamelan Adalah : Sekumpulan instrumen musik yang dimainkan dalam ensembel atau sajian musik, atau dalam sebuah pertunjukan gamelan, yang di iringi oleh beberapa alat musik yang saling berpadu untuk menghasilkan sebuah alunan tetabuhan yang merdu.
Dan dari sekian sumber yang menjelaskan dan menceritakan bagaimana alat musik Gamelan tersebut, baik itu tentang sejarah Asal Usul daripada Gamelan itu sendiri dengan berbagai pendapat dan juga penjelasan-penjelasannya tentang riwayat atau pun sejarah nya, para senior terdahulu pun sudah menjelaskan sesuai versi pengetahuannya masing-masing...

Dan sebagian pun ada juga yang menjelaskan sejarah Gamelan adalah peninggalan para wali, yang di saat pada jaman para wali gamelan tersebut di gunakan untuk penyebaran agama Islam di seluruh wilayah Indonesia khususnya Jawa.
Pada intinya apa penjelasan dan pengertian mereka sudah pasti memberikan penjelasan yang positif untuk kita menambah pengetahuan tentunya.

Dan di telah di jelaskan juga, bahwa pada zaman atau pada masa itu, gamelan jawa tersebut juga berkembang secara pesat dan begitu cepat menyebar ke beberapa daerah di sekitar Jawa, Bali dan Sunda. Namun gamelan tersebut masih ada perbedaan antara gamelan jawa, gamelan sunda dan gamelan Bali. Jika gamelan jawa dimainkan dengan nada lembut, gamelan sunda lebih berirama mendayu. Sementara gamelan Bali dimainkan dengan rancak (ramai)

Dan di antara Gamelan tersebut juga sebenarnya terdiri dari himpunan atau kumpulan beberapa alat musiknya, namun memang sedikit yang saya tau seperti :

1. KENDANG ATAU GENDANG
https:/www.poetoechikals.com
Alat musik Kendang/Gendang ini dibuat untuk irama dan tempo dengan cara di tabuh atau dipukul dengan tangan di bagian permukaan kulitnya.

2. GONG
Gong, merupakan alat musik gamelan yang paling besar. Alat ini berfungsi untuk memberi tanda awal dan mengakhiri lagu atau gendhing. Gong akan memberi rasa puas setelah berlalunya lagu dengan lirik yang panjang. Salah satu alat musik gamelan ini dibunyikan dengan cara dipukul.

3. GAMBANG
Gambang merupakan salah satu alat musik gamelan yang dimainkan dengan cara dipukul dengan alat yang disebut tabuh. Memiliki bentuk dan suara yang unik dan khas. Pada gambang dibuat dari kayu dan bagian penghasil nadanya dibuat dari kayu atau bambu yang dibuat menjadi bilah-bilah. Dan bilah-bilah tersebut berisi 18 buah yang biasanya diletakkan di sebuah rak resonansi nada berbentuk mirip perahu. Bentuk bilahnya disusun berurutan mulai dari yang paling kecil hingga yang terbesar agar nada yang dikeluarkan dapat bervariasi.

4. BONANG
Bonang merupakan alat musik pendukung gamelan yang penting. Fungsinya adalah sebagai penguat melodi dasar pada sebuah lagu Bentuknya seperti pot yang terbuat dari perunggu. Bonang pada saat mengalihkan 14 buah yang ditempatkan berjejer di tempat ganti rak. Cara memainkan bonang ini dengan menggunakan bagian pot Bronze menggunakan 2 palu tabuh.

5. SITER
Dalam pertunjukan gamelan, siter lakukan sebagai pengendali cengkok. Siter dapat mengeluarkan suara khas dari 11 dawainya, pada umumnya alat musik gamelan ini dimainkan dengan kecepatan yang sama dengan alat musik gambang. Bahkan dimainkan dengan tempo yang cepat. Dan permainan siter membawa pengaruh besar dalam pertunjukan gamelan.

6. REBAB
Rebab dimainkan dengan cara digesek mirip alat musik biola. Namun dengan ukuran yang lebih kecil. Cara memainkannya yaitu dengan menggesek bagian dawainya menggunakan alat gesek yang bentuknya mirip busur panah. Bagian badan rebab berbentuk bulat dan bagian lain memiliki ujung yang panjang. Fungamel rebab ini adalah sebagai instrumen pemuka dan dijuluki sebagai pemimpin lagu terutama dalam tabuhan yang lirih. Salah satu alat musik gamelan ini juga biasa digunakan untuk mengiringi sinden kompilasi dimainkan.

7. KENONG
Kenong pada umumnya dibuat dari logam kuningan, besi atau kuningan. Gamelan yang ditunjuk kenong ini berfungsi sebagai penentu batas-batas gatra dan berguna untuk disetujui irama. Selain itu juga digunakan untuk tempo dari lagu yang dimainkan. Kenong dimainkan dengan dipukul menggunakan alat pemukul.

Demikian Ulasan singkat kali ini tentang Alat Musik Tradisional Khas Jawa “GAMELAN” yang dapat saya rangkum dari beberapa sumber yang ada.

SARAN DAN KRITIK TETAP PENTING BAGI KAMI PEMULA UNTUK PERBAIKAN PENGETAHUAN KEDEPANNYA.

Terima Kasih.
Salam budaya Indonesia.
By. PC SARON
Melestarikan Kebudayaan Alat Musik Tradisional khas Cirebon, serta Mengembangkan Bakat sekaligus Hobi di bidang kesenian alat musik tradisional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel